BERBAGI

Dalam suatu usaha pasti memerlukan modal usaha untuk keperluan persiapan usaha serta operasional pada saat usaha dijalankan, walaupun kadang ada juga usaha online tanpa modal. Modal yang diperlukan bisa bernilai besar atau bernilai kecil tergantung besar kecilnya usaha yang dilakukan. Lalu bagaimanakah Cara Mendapatkan Modal Usaha?

Persiapan usaha diantaranya seperti pembelian bahan baku dan biaya produksi untuk usaha yang dilakukan dengan memproduksi barang dan biaya untuk tempat usaha dan perlengkapan yang mendukung usaha. Perusahaan besar akan menganggarkan riset pemasaran pada awal usaha sebelum produk ditetapkan.

Pada proses pelaksanaan usaha modal diperlukan untuk mempromosikan produk, biaya pengiriman atau transportasi dan biaya operasional atau pengeluaran lainnya termasuk upah. Semua biaya tersebut pada permulaan usaha diakumulasikan dalam modal usaha.

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Dalam menentukan modal usaha dan menentukan proses serta perkiraan hasil usaha, sehingga akhirnya pengusaha berkesimpulan bahwa usaha yang sedang direncanakan tersebut layak untuk dijalankan, dengan resiko yang terukur dan dapat diatasi serta menguntungkan, maka pengusaha dapat segera memulai usahanya.

Darimana Modal Usaha Berasal?

Modal untuk usaha bisa didapatkan dengan cara sebagai berikut:

  1. Modal usaha menggunakan uang miliknya sendiri,
  2. Modal usaha menggunakan dana patungan atau gabungan antara uang miliknya sendiri dengan partner usaha,
  3. Modal usaha menggunakan dana gabungan antara uang miliknya sendiri , partner usaha dan pinjaman dari pihak lain bisa perorangan, lembaga keuangan atau perusahaan lain,
  4. Modal usaha menggunakan uang pinjaman seluruhnya,
Baca Juga:  Usaha Sampingan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan dan Tips Menjalankannya

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pihak Lain

Cara-cara yang dapat digunakan untuk meminjam modal dari pihak lain diantaranya:

1. Siapkan Bisnis Plan

Mempersiapkan rencana usaha yang disusun dengan baik, serta dokumen lainnya seperti compay profile untuk perusahaan, atau surat permohonan pinjaman yang disusun dengan jumlah pinjaman yang dibutuhkan serta cara membayarnya.

2. Komunikasikan Bisnis Plan ke Pemilik Modal

Mendatangi pihak pemilik modal kemudian mengkomunikasikan apa yang telah direncanakan serta persiapan-persiapan yang telah dilakukan, kemudian mengajukan permintaan pinjaman modal, lengkap dengan besaran dan sistem pengembalian modal beserta jasanya.

3. Pahami Syarat dan Ketentuan Peminjaman Modal

Mengundang pemilik modal ke tempat pengusaha tersebut atau di tempat yang sudah disepakati untuk mengkomunikasikan rencana bisnis serta modal yang dibutuhkan dengan segala syarat dan ketentuan yang umumnya berlaku di dunia bisnis.

cara mendapatkan modal bisnis startup
Cara peminjaman modal seperti ini sudah lazim dilakukan dalam dunia usaha, dimana ada pihak yang memiliki modal baik pribadi maupun lembaga, dan ada pihak yang memiliki usaha atau proyek dan membutuhkan modal untuk menjalankan usahanya tersebut, lalu keduanya bertemu untuk saling berkomunikasi dan bertukar fikiran mengenai berbagai persiapan dan rencana usaha serta proses-proses yang akan dijalankan dan manajemen resiko yang akan diterapkan serta angsuran pengembalian modal dan pembagian keuntungannya.

Baca Juga:  7 Jenis Usaha yang Menguntungkan Saat Ini Hanya Butuh Modal Kecil

Lengkapi Dokumen yang diperlukan

Perusahaan besar atau proyek besar dalam melakukan pinjaman modal usaha memerlukan kelengkapan dokumen yang selengkap-lengkapnya biasanya disatukan dalam company profile dan perencanaan usaha (business plan), serta surat-surat lainnya berupa permohonan pengjuan pinjaman atau kerjasama.

Pengusaha kecil lazim mengajukan pinjaman dengan kelengkapan yang tersusun dalam business plan atau rencana usaha yang menggambarkan usaha yang akan dijalankan serta analisis sederhana seperti analisis SWOT atau lainnya yang menggambarkan bahwa usaha yang dijalankan tersebut menguntungkan dan layak dijalankan.

Setelah terjadi pertemuan atau komunikasi antara pemilik modal dan pengusaha maka biasanya ada selang waktu untuk masing-masing terutama pemilik modal memperlajari lebih lanjut dan memeriksa berbagai dokumen yang ada, barulah kemudian diadakan pertemuan lagi yang berisi permohonan pinjaman diterima atau belum bisa diterima dengan alasan-alasan tertentu.

Apabila permohonan pinjaman diterima dan kedua belah pihak menandatangani surat kesepakatan, lalu modal dicairkan maka bisnis atau usaha sebagaimana dalam perencanaan harus segera dijalankan.]

Begitulah cara mendapatkan modal usaha. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu mengembangkan usaha. Baik itu kamu yang sedang menjalankan startup atau Usaha kecil dan menengah atau yang sedang mencari usaha online tanpa modal.

Tinggalkan Balasan