BERBAGI

Para penjual yang mencoba berbagai cara dan metode untuk menjual produknya, sebagian berhasil dan sebagian belum berhasil dan masih mencoba dengan cara lain yang berbeda. Lalu bagaimakah cara paling mudah mendapatkan pembeli untuk produk kita?

Menggunakan Cara Penjualan Langsung

Cara-cara seseorang menjual atau melakukan promosi dalam penjualannya adakalanya dilakukan dengan penjualan langsung, yaitu mendatangi konsumen secara langsung dan menawarkan produknya atau ia meminta nama-nama prospek dengan alamat atau nomor telepon maupun email yang bisa dihubungi dari temannya tau kawan marketing lain untuk dikirim data produk yang ia tawarkan, ia menggunakan berbagai tips agar calon pembeli merasa tertarik dan merasa butuh produk tersebut.

Cara Paling Mudah Mendapatkan Pembeli

Gunakan Reseller

Cara lainnya yang terkadang dilakukan penjual dengan metode penjualan tidak langsung, ia menggunakan orang lain untuk menjual produknya, baik menggunakan sistem reseller ataupun menggunakan relasi orang lain, ia mengirim data produk kepada temannya atau relasi yang ia kenal baik, kemudian temannya menawarkan kembali produk tersebut kepada orang-orang dilingkungannya, kalau ada yang tertarik dan mau membeli penjual tak langsung tersebut tinggal mengirim produk saja dan temannya yang bertransaksi, ia tinggal mengambil uang hasil penjualan dari temannya.

Buat Tim Sales Marketing

Banyak cara lain yang ditempuh untuk bisa menjual produk, baik dilakukan dengan perorangan maupun dilakukan dengan kelompok atau team yang saling bekerjasama untuk mencari pembeli menghasilkan penjualan, menjual produk pun bisa ditempuh dengan jalan promosi melalui iklan, penyebaran brosur, pemasangan pamflet di pohon-pohon dipinggir jalan, ditembok-tembok rumah atau sekolah, mengadakan pameran dan lainnya.

Baca Juga:  Strategi Pengembangan Bisnis di Internet

Pasang Iklan / Promosi di Marketplace

Penjual pemula yang baru mencoba untuk menjual produk atau pengusaha baru yang baru saja membuka usaha dan usaha atau produknya belum dikenal orang, namun belum memiliki biaya untuk iklan disurat kabar atau membuat brosur, pamphlet, spanduk dan medi iklan lainnya, bisa mencoba beriklan secara mudah dan gratis, seperti iklan dimedia online atau toko online yang menyediakan iklan baris gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin beriklan disana.

Baca juga : Tips Berjualan di Marketplace

Give Something baru Take Somethings

Give Something baru Take Somethings

Ada cara tradisional yang bisa dicoba untuk mempromosikan produk secara mudah namun memerlukan sedikit pengorbanan, hal ini sering dilakukan oleh pengusaha baru yang lambat laun merangkak naik dan sukses. Cara tersebut terinspirasi oleh sebuah filosofi bahwa cara yang paling mudah untuk mendapatkan sesuatu adalah dengan memberi. Cara seperti ini banyak digunakan untuk menarik konsumen dari usaha jasa, namun usaha penjualan produk pun banyak yang menggunakan cara seperti ini.

Baca Juga:  Kesalahan yang Umum Dilakukan Ketika Berjualan via Sosial Media

Pengusaha yang membuka usaha jasa pada mulanya dapat memberikan pelayanan jasa gratis bagi orang-orang disekitarnya atau tetangga disekeliling tempat usaha atau kompleks perumahan dimana lokasi usaha tersebut berada.

Misalnya usaha jasa pijat kesehatan, jasa pengiriman atau antar gratis pada pembelian air minum isi ulang dengan harga umum dan bonus pengiriman ke rumah pembeli, jasa bimbingan belajar atau rumah belajar, jasa membentuk batu akik, jasa instalasi komputer, kursus bahasa baik Bahasa Inggis, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab dan Bahasa Asing lainnya, bahkan program kuliah gratis pada universitas tertentu biasanya pada tahun pertama dibuka atau untuk angkatan pertama.

Semua jasa yang diberikan secara gratis akan bermanfaat untuk memperkenalkan tempat dan jenis usaha yang sedang dijalani dengan cara yang simpatik. Calon konsumen akan mencoba jasa tersebut, kalau mereka tertarik tentu akan menjadi langganan, atau mereka akan membicarakan usaha tersebut dari mulut ke mulut sebagai promosi tak langsung. Dengan banyaknya orang yang berdatangan akan menjadikan tempat usaha tersebut ramai dikunjungi dan dikenal orang. Selanjutnya pengusaha dapat memberikan harga layanan normal pada saat orang-orang telah mengenal usaha tersebut atau telah ketagihan untuk terus menggunakan jasa tersebut.

Tinggalkan Balasan