BERBAGI

Etika Menggunakan Situs Jejaring SosialSejumlah situs jejaring sosial meningkat dari hari ke hari, dan orang-orang saat ini, menghabiskan lebih banyak waktu online, dari pada bertemu orang-orang di kehidupan nyata.

Ini juga yang terjadi pada situs jejaring sosial seperti Facebook, yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Tidak seperti dahulu, sekarang kita dapat dengan mudah berbagi informasi di mana saja, kapan saja, apa yang Anda lakukan, foto dari semua peristiwa, dan sebagainya.

Etika Menggunakan Situs Jejaring Sosial

Namun tidak hanya pada aplikasi media social seperti facebook saja yang kita kenal, masih ada lebih banyak situs online lainnya seperti Foursquare, Instagram, Twitter, yang dapat kita gunakan setiap hari, untuk kehidupan kita sehari-hari.

Bagaimana untuk tetap baik di situs sosial?

Anda pasti belum pernah bertanya pada diri sendiri mengapa Anda telah bergabung dengan Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest, itu merupakan pertanyaan dari saya untuk anda sekarang?

Lalu apa tanggung jawab Anda terhadap profil jaringan sosial Anda? Apakah hal positif yang akan anda berikan atau sebaliknya? Renungkan sejenak pertanyaan dari saya tersebut.

Etika sosial terhadap teman jejaring sosial ?

Profil jaringan sosial Anda merupakan profil tentang diri Anda yang sebenarnya. Karena orang akan menilai Anda dengan kualitas profil Anda.

Jika Anda belum selesai mengisi semua rincian tentang diri Anda, segera lengkapi dengan benar data tersebut.

Setiap detail profil Anda akan membantu orang lain untuk mengetahui Anda dan Anda akan dengan mudah pula menemukan profil orang lain yang anda cari.

Tidak masalah jika facebook bertanya tentang pendapat politik atau apakah Anda suka hewan peliharaan atau tidak, namun sebaiknya anda mengisinya.

Ada juga pertanyaan tentang apakah Anda menggunakan situs jejaring sosial untuk bisnis? Pertanyaan tersebut, sebaiknya tetap anda beri jawaban.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Jumlah Maxsimal Pengikut Twitter Anda

Supaya anda mendapatkan nilai etika yang baik dalam bersosial di dunia maya.

Bergabung dengan situs jejaring social adalah hak untuk semua orang:

Sebelum bergabung dengan situs jejaring social, pastikan Anda mengisi setiap detail tentang diri anda sehingga layak untuk dibaca orang lain.

Memberi gambaran gaya hidup Anda. Katakan padanya apa yang Anda suka dan apa yang tidak Anda sukai.

Namun jika Anda tipe orang terlalu pribadi? Sebaiknya anda tetap mengisi data pribadi tersebut, untuk memudahkan orang lain meneukan anda.

Baca juga : Cara efektif melakukan pelatikan SDM

Tetapi sebaiknya Anda tidak mengisi segala sesuatu seperti ketika Anda telah putus dengan pacar Anda, berapa banyak pacar yang Anda peroleh. Itu dapat memberikan hal negative untuk pandangan orang lain.

Mengisi rincian terlalu pribadi dapat membantu penyusup melanggar privasi Anda bahkan merebutnya dari anda. Khasus ini banyak terjadi di India karena orang terlalu pribadi mengisi profil facebook atau Twitter mereka.

Intinya adalah mengisi rincian yang Anda inginkan untuk memberikan rasa nyaman dengan sekelompok orang asing.

Orang-orang yang bergabung dengan situs jejaring sosial mereka terhubung dengan orang lain, bersenang-senang dan bergaul dengan teman-teman mereka.

Jika Anda terus mengganggu mereka dengan promosi yang tidak berguna, apakah Anda berpikir bahwa mereka akan peduli tentang pembaruan Anda? Sebaiknya anda tidak melakukan hal tersebut secara berlebihan, lebih baik anda berbagi hal yang orang suka seperti membaca, dan lainnya yang akan membuat orang akan lebih ingin tahu.

Saya telah bergabung Facebook, dan Twitter untuk mengisi waktu istirahat saya. Jika seseorang mulai menjual barang secara online dari daftar teman, hal pertama yang saya lakukan adalah menghapusnya, saya tidak keberatan untuk mengklik tombol tersebut.

Baca Juga:  Informasi Blog Directory di Facebook

Saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak boleh menjual atau mempromosikan barang di situs tersebut, tetapi Anda harus dapat menjadi orang cerdas untuk melakukan hal tersebut dan tidak menyalah gunakan situs tersebut untuk berjualan atau promosi anda.

Lebih baik Anda terhubung dengan teman-teman yang sama-sama membangun kepercayaan dengan anda. Namun jika Anda gagal untuk melakukannya lebih baik tidak menjual sesuatu.

Kata orang tidak bisa menilai buku dari sampulnya? Hal yang sama berlaku di situs jejaring social, Anda tidak bisa menilai seseorang dengan gambar menarik dan seksi baik pria atau wanita.

Jadi pastikan Anda menghabiskan waktu untuk mengetahui orang setelah menambahkan mereka terlebih dahulu. Jangan menambahkan mereka hanya untuk menambah teman untuk sekedar masuk ke dalam daftar Anda.

Petanyaan saya satu lagi adalah sudah berapa banyak teman Anda? Apakah Anda menemukan orang-orang yang menerima semua permintaan anda? Sebaiknya anda tidak menambahkan orang-orang seperti yang tidak memiliki kepentingan dengan Anda, untuk mencegah hal-hal yang anda tidak inginkan ke depannya.

Setiap situs jejaring sosial memiliki komunitas di mana Anda dapat berinteraksi dengan orang tersebut dengan mudah dan cepat.

Intinya adalah anda jangan pernah jatuh kelubang yang salah dalam menjalin hubungan pertemanan di media social.

Hati-hati juga dalam pemakaian uang ataupun membuat bisnis karena awan hitam selalu membayangi situs jaringan.

Semoga informasi kami di atas bermanfaat untuk anda, serta membuat anda lebih beretika dalam menggunakan media social sebagai alat untuk bersosial di dunia maya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.