BERBAGI

HzCrash.my.id Hari ini, Rabu 17 Agustus 2016, bagi pertama kalinya upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia disiarkan lewat live streaming dengan teknologi video 360 derajat di kanal YouTube.

Teknologi video live streaming dengan pandangan ke semua arah yg dapat disaksikan lewat browser, ponsel, atau headset virtual reality (VR) itu pertama kali diluncurkan oleh YouTube pada bulan April lalu.

Head of Communications Google Indonesia Putri Silalahi menyampaikan pihaknya bekerja sama dengan komunitas video Layaria mewujudkan tayangan live di beberapa lokasi, yakni Istana Negera dan Monumen Nasional.

Baca: Upacara 17 Agustus di Istana Dapat Ditonton 360 Derajat di YouTube

“Partnernya dengan Layaria, yg ditayangkan di channel YouTube (Presiden) Jokowi,” ujar Putri saat dihubungi KompasTekno, Rabu (17/8/2016). Kanal YouTube punya Presiden RI, Joko Widodo dipakai bagi menayangkan streaming video 360 derajat dari beberapa lokasi yg dimaksud.

Di Istana Negara, streaming video YouTube ini ditangani oleh videografer Yudhie Fardhani dari Layaria.

Baca Juga:  Bukan Apple, Laptop Tertipis Di Dunia Datang Dari Acer!

“Kami pakai kamera 360 derajat, dahulu kita encode dan kita stream ke kanal YouTube Pak Jokowi,” kata Yudhie yg juga yaitu salah sesuatu pelopor dari agensi video DC Imaji.

Pakai Ricoh Theta

Kepada KompasTekno, Yudhie menerangkan pihaknya menggunakan alat yg relatif sederhana, yakni kamera Theta dari Ricoh, dalam mengerjakan live streaming video 360 derajat bagi rangkaian upacara HUT RI ke-71 di Monas dan Istana Negara.

Sebanyak tiga unit Ricoh Theta diposisikan di tiga titik berbeda. Dua lokasi berada di Istana Negara buat menayangkan prosesi upacara bendera dan kirab, serta sesuatu lokasi lainnya di Monumen Nasional bagi menayangkan kirab yg berlangsung di sana.

Ricoh Theta yaitu sesuatu dari dua model kamera 360 derajat yg beredar di pasaran ketika ini. Bentuknya mirip remote televisi, dengan sepasang lensa bulat yg menonjol di sisi depan dan belakang tubuhnya.

Sepasang kamera itulah yg menangkap pandangan ke semua arah dalam live streaming video 360 derajat. Foto atau video yg direkam dulu mampu disaksikan lewat headset VR seperti Google Cardboard atau dengan menggerakkan kursor di peramban desktop dan mobile.

Baca: Begini Cara Tonton Upacara 17 Agustus di Istana secara 360 Derajat

Baca Juga:  Fakta Menakutkan Di Balik Munculnya Danau Biru Di Antartika

Ketika fitur live stream 360 derajat YouTube diluncurkan April lalu, Ricoh Theta adalah salah sesuatu model kamera pertama yg mendukung fitur tersebut.

Live streaming “360” YouTube sendiri mampu digunakan dengan berbagai model kamera 360 derajat, akan dari model konsumen seperti Ricoh Theta yg dibanderol di kisaran 350 dollar AS hingga kamera high-end seperti Orah 4i yg seharga ribuan dollar AS.

Sumber: http://tekno.kompas.com

Tinggalkan Balasan