BERBAGI

Pada kesempatan kali ini akan dikupas mengenai jenis usaha modal kecil. Tentu informasi ini sangat menarik dan sangat dibutuhkan. Banyak orang ingin menjadi pengusaha, mungkin Anda termasuk salah satunya. Sekarang ini banyak sekali seminar-seminar kewirausahaan yang mengiming-imingi untuk menjadi pengusaha karena keuntungannya besar. Tapi, untuk menjadi seorang pengusaha harus berani menanggung resiko. Tidak semua usaha membutuhkan usaha membutuhkan modal besar dan hal inilah yang sering kali menjadi masalah sehingga banyak orang enggan memulai usaha. Sebenarnya, banyak jenis usaha modal kecil untuk kalangan masyarakat kelas bawah. Meskipun begitu, keuntungan yang didapat tetap besar. Usaha-usaha sejenis inilah yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia mengingat banyak orang kesulitan modal. Sedangkan mereka tidak bisa dengan mudah memperoleh pinjaman modal dari bank atau koperasi tanpa jaminan apapun.

jenis usaha modal kecil_5

Adapun jenis usaha modal kecil yang patut Anda ketahui antara lain:

  1. Menjual pulsa elektrik

Pulsa merupakan kebutuhan vital karena sekarang ini hampir semua orang menggunakan HP. Bahkan kini tidak hanya tersedia pulsa regular bahkan pulsa internet karena kebutuhan manusia untuk berkomunikasi tidak hanya sebatas telepon dan SMS tapi internet. Jenis usaha modal kecil yang satu ini sangat cocok buat Anda yang sibuk dan sudah memiliki pekerjaan tetap. Jualan pulsa bisa dijadikan sampingan atau pekerjaan utama dengan membuka konter. Inilah jenis usaha modal kecil untuk pemula. Apalagi buat para mahasiswa yang ingin memperoleh uang saku tambahan dari usaha sendiri. Sekarang ini hanya dengan modal 100 ribu bisa berjualan pulsa lho. Anda bisa menjual pulsa pada rekan satu kost, kolega, teman satu kampus atau teman organisasi. Berjualan pulsa adalah jenis usaha modal kecil yang paling mudah.

Baca Juga:  Traffic is Money
  1. Bisnis di bidang jasa

Usaha sendiri dengan modal kecil yang paling mudah adalah dibidang jasa. Bahkan bisa dikatakan usaha di bidang jasa tidak membutuhkan modal materi, sangat kecil. Modal utama Anda adalah waktu, tenaga serta komitmen untuk mengembangkan usaha. Ada berbagai jenis jasa di dunia ini dan jasa selalu dibutuhkan. Jika Anda pernah mendengar kisah orang Indonesia yang sukses mendirikan usaha cleaning servis di Amerika. Inilah salah satu contoh profil pengusaha dari jenis usaha modal kecil yang ia jalankan. Ia tidak membutuhkan banyak uang untuk membayar orang atau modal berdagang tapi justru ialah yang mendapatkan uang sebagai penyalur jasa kebersihan. Jasa tidak selalu berwujud pelayanan public dalam bentuk tenaga manusia. Kini sudah banyak jasa yang bisa dilakukan di rumah sendiri tanpa harus memiliki kantor tetap sehingga sangat ringan modal. Contoh jenis usaha modal kecil lain dibidang jasa adalah menerima jasa editing foto, desain, dan percetakan.

  1. Membuka toko online

Mencoba berwirausaha memang tidak sulit tapi menjadi pengusaha yang tangguh adalah kesulitannya. Pengusaha sejati adalah mereka yang selalu jeli melihat peluang sehingga apapun bisa menjadi komoditas yang laris manis di jual dan diminati masyarakat luas. Mereka yang berhasil menjadi pengusaha sukses adalah orang-orang jeli dan paham apa yang masyarakat inginkan dan butuhkan. Jenis usaha modal kecil ini sudah banyak membuahkan hasil berupa pundi-pundi rupiah. Contoh sederhananya adalah ketika musim bola entah itu piala presiden, terlebih piala dunia, bukalah toko online yang menjual semua aksesoris bola yang meliputi jersey, bola, syal bola sampai sepatu bola.

  1. MLM (Multi Level Marketing)
Baca Juga:  Keunggulan Teknik SEO Onpage dan Offpage

Multi Level Marketing sudah menjamur sejak 10 tahun yang lalu, tapi untuk beberapa produk baru terlihat baru-baru ini. MLM singkatannya, merupakan salah satu peluang bisnis yang banyak diikuti. Biasanya mereka diminta menjual dan merekrut orang untuk memasarkan produk mereka sehingga semakin banyak bawahan dalam jaringan Anda, pundi-pundi rupiah pun semakin mudah mengalir. Jenis usaha modal kecil yang satu ini paling banyak diikuti orang Indonesia. Sudah banyak orang yang sukses sebagai leader dalam jaringan mereka bahkan jaringan Induk di level nasional. Hanya saja, resikonya jika akar yang Anda buat tidak kuat dan perlahan-lahan member Anda akan pergi dan selesai sudah usaha Anda. Jika hal sebaliknya yang terjadi, Anda tidak perlu bekerja tapi uang mengalir deras ke rekening Anda.

Demikian ulasan mengenai jenis usaha modal kecil. Jika tertarik maka segera coba. Jangan tunggu hal indah terjadi karena mereka tidak akan terjadi tanpa kamu berusaha menggapainya.

Tinggalkan Balasan