BERBAGI

Sumber daya manusia (SDM) menduduki posisi kunci dalam upaya pengembangan bisnis. SDM yang terlatih dengan baik selain akan mempunyai kemampuan yang baik dalam menjalankan pekerjaan dalam rangka pengembangan bisnis juga akan semakin mempunyai respon yang cepat dalam mengantisipasi setiap permasalahan yang dihadapi perusahaan atau organisasi bisnis dimana ia bekerja.

Saat ini SDM diperlukan dalam bisnis selain untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sudah biasa dilakukan juga diperlukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang belum mereka kuasai namun pada waktu kedepan pekerjaan tersebut harus mereka kuasai sehubungan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem bisnis yang sedang berlangsung.

cara meningkatkan kinerja karyawan

Contoh sederhana seperti saat ini orang-orang sudah terbiasa dengan pekerjaan manual atau konvensional dalam melakukan promosi atau penjualan produk yang dilakukan melalui iklan di media cetak, promosi dengan spanduk, brosur, surat penawaran dan lainnya.

Ke depan mereka akan menghadapi kemugkinan pekerjaan yang berubah namun mereka dituntut untuk bisa melakukannya dengan baik, seperti pekerjaan yang telah dilakukan secara konvensional nanti akan dilakukan secara digital atau online karena tuntutan perubahan yang berlangsung.

Dalam rangka menyelaraskan dengan berbagai keadaan dan perubahan seringkali perusahaan atau organisasi bisnis merubah pola atau kebiasaan kerja yang dilakukan sebagai dampak perubahan strategi bisnis secara keseluruhan. Hal ini biasanya diiringi dengan kegiatan pelatihan SDM terhadap tugas baru yang harus mereka kuasai.

Baca Juga:  Mengapa Bisnis Online Begitu Menguntungkan?

Pelatihan SDM memiliki beberapa manfaat yang besar untuk peningkatan produktivitas organisasi bisnis secara keseluruhan diantaranya:

1. Pelatihan SDM akan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan karena orang-orang dalam organisasi bisnis tersebut semakin matang dan mapan dalam melaksanakan tugas baru sehingga hilang ketakutan-ketakutan yang mereka hadapi ketika harus melakukan perubahan karena yang tadinya terbayang betapa sulitnya mengerjakan pekerjaan yang baru setelah terbiasa dengan pekerjaan-pekerjaan lama, setelah pelatihan mereka dan mereka mapu melaksanakan tugas barunya akan makin membuat mereka senang dan makin bersemangat melakukan tugas tersebut.

Hal ini akan berdampak pada peningkatan produktivitas secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

2. Pelatihan SDM akan meningkatkan efektivitas pengambilan-pengambilan keputusan oleh para karyawan karena dengan semakin terlatihnya mereka melaksanakan tugas-tugas baru serta makin mapannya kecakapan mereka, maka segala permasalahan yang terjadi dapat mereka atasi sendiri dan segala permasalahan yang menyangkut teknis serta berkaitan dengan proses walaupun berkaitan dengan lingkungan eksternal yang lebih luas seperti permasalahan yang berhubungan dengan pelayanan kepada konsumen dapat mereka atasi sendiri secara partisifatif karena mereka sudah tahu bidang kerjanya dan telah terampil pada tugas-tugasnya.

Baca Juga:  Teknik Perencanaan SDM Secara Profesional Dalam Bisnis

Kecepatan pengambilan keputusan terhadap permasalahan yang terjadi baik secara internal maupun eksternal akan meningkatkan produktivitas organisasi bisnis secara keseluruhan.

3. Pelatihan SDM yang dilakukan secara bersama-sama akan memperlancar dan meningkatkan komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi bisnis, yang memungkinkan terjadinya rasa kesatuan dalam satu organisasi dalam mencapai tujuan yang sama.

Dengan demikian maka konflik-konflik internal akan semakin berkurang dan mungkin hilang samasekali dan hal ini akan berdampak pada makain lancarnya kinerja perusahaan atau organisasi bisnis dalam melaksanakan proses kerja dan secara keseluruhan akan berdampak pada peningkatan produktivitas organisasi bisnis secara menyeluruh.

Pelatihan SDM selain bermanfaat untuk organisasi bisnis juga akan bermanfaat untuk masng-masing pribadi peserta pelatihan karena dengan pelatihan SDM mereka akan mempunyai kesempatan mengembangkan diri dan akan menimbulkan semangat yang tinggi serta kinerja yang baik untuk mendukung kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan