BERBAGI

Membuka Usaha Kantin sebagai Peluang Usaha di Sekolah

Peluang Usaha di Sekolah – Salah satu usaha yang bisa dilakukan di sekolah adalah membuka usaha kantin. Usaha ini dinilai sangat memberi keuntungan besar karena lokasi kantin sangatlah strategis di mana akan didatangi banyak konsumen baik para siswa atau guru.

Keuntungan yang diberikanpun akan selalu pasti setiap harinya kecuali hari libur sekolah. Jenis usaha yang bisa digunakan dalam menjalankan bisnis ini pun bermacam-macam.

Anda bisa membuka warung makanan, jajanan ringan, minuman ringan atau keperluan alat tulis yang dibutuhkan oleh para siswa. Bagaimana prospek usaha kantin ke depan sebagai peluang usaha di sekolah?

Yuk, kita ulas beberapa hal tentang usaha kantin yang diminati oleh banyak orang ini.

Hal yang harus diperhatikan ketika memulai Usaha di Kantin Sekolah!

1. Perhatikan Kualitas Barang Dagangan Anda!

Hal yang harus Anda cermati dalam mengambil kesempatan berbisnis di sekolah adalah kualitas barang dagangan Anda. Hal ini disebabkan oleh keberadaan konsumen Anda yang berkutat pada siswa atau guru saja.

Baca Juga:  Peluang Usaha Hidroponik Bisa Juga Sebagai Usaha Sampingan!

Coba Anda bayangkan apabila konsumen Anda tidak mau lagi menjajakan uangnya di tempat Anda karena makanan yang Anda sajikan tidak enak secara cita-rasa atau sudah kadaluarsa.

Pasti mereka tidak akan datang dua kali sehingga kantin Anda akan mengalami kebangkrutan. Anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan?

2. Berikan Layanan yang Baik!

Sudah jadi barang pasti pelayanan adalah hal yang paling utama ketika harus berhubungan dengan pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang baik, maka Anda akan diuntungkan dengan banyaknya pelanggan yang datang.

Selain itu, Anda harus selalu tersenyum dan memberikan sapaan-sapaan yang baik kepada pelanggan Anda.

3. Ciptakan Produk-Produk yang Menarik dan Beragam!

Anda harus berani membuat inovasi dengan mengasah kreativitas Anda dalam menciptakan sebuah produk. Apabila usaha kantin Anda bergerak di bidang makanan ringan, Anda bisa menciptakan menu-menu baru dengan nama-nama yang unik seperti tahu goreng setan, pisang goreng kipas sejuta pesona, atau tahu bulat penuh cinta atau yang lainnya.

Pemberian nama yang unik tentunya akan menarik para pelanggan Anda karena mereka dibuat penasaran dengan produk yang Anda ciptakan.

Baca Juga:  Bisnis Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton yang Menggiurkan

4. Analisa Modal dan Keuntungan dari Usaha Kantin

Berikut adalah rancangan modal dan keuntungan jualan jajanan ringan yang bisa Anda buat sebagai bahan pertimbangan ketika Anda melirik usaha kantin sebagai kesempatan berbisnis di sekolah:

  • Sewa Tempat per bulan : Rp. 500.000
  • Rak Jajan : Rp. 1.050.000
  • Aneka jajanan ringan : Rp. 500.000
  • Lain-lain : Rp. 50.000
    Total : Rp. 2.100.000

Apabila dalam sehari jajanan Anda laku Rp.100.000, maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan Rp.3000.000. Keuntungan yang Anda peroleh pun sebesar Rp.900.000 per bulan.

Bagaimana, apakah Anda berminat? Demikianlah beberapa ulasan mengenai usaha kantin sebagai peluang usaha di sekolah. Semoga bermanfaat ya!

2 KOMENTAR

  1. wuhh mantab lengkap banget artikel ini
    dari smuanya di jelasin tanpa ada yang tertinggal, ayokk mulai kita bisnis mumpung masih muda

Tinggalkan Balasan