BERBAGI

Tips Buka Usaha Dengan Modal Kecil – Modal kecil jangan sampai menghentikan langkah anda untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Ada banyak peluang usaha yang hanya membutuhkan modal kecil sehingga bisa anda coba jalankan sesegera mungkin.

Selain peluang usaha modal kecil yang terbuka lebar, saat ini pun sudah ada banyak tips buka usaha dengan modal kecil yang bisa anda cermati. Dengan modal kecil, keuntungan yang bisa anda dapatkan nantinya bisa sangat menggiurkan. Hal ini tergantung bagaimana anda menjalankan usahanya.

Tips Buka Usaha Dengan Modal Kecil

Berikut ini adalah deretan tips buka usaha dengan modal kecil selengkapnya untuk anda.

Tentukan Jenis Usaha

Sebelum memutuskan ingin merintis usaha sendiri, anda harus menentukan jenis usaha serta membaca peluang bisnis saat ini yang mempunyai prospek cerah. Selain itu, pastikan jenis usaha tersebut sesuai dengan minat dan keahlian anda.

Sebelum memulai usaha, coba anda pikirkan terlebih dahulu. Setelah itu, tulis dalam buku catatan mengenai minat, keahlian, bakat, serta hobi anda. Selain itu, anda dapat menulis beberapa jenis usaha yang ingin anda jalankan. Dengan begitu, usaha anda nantinya bisa berjalan lancar.

Baca Juga:  Cara Usaha Ternak Ayam Petelur Dengan Laba 10 Juta Perbulan

Survei

Dalam memulai bisnis, penting bagi anda untuk melakukan survey. Adapun hal yang harus anda survei ialah tingkat persaingan, lokasi yang strategis, dan perilaku konsumen. Pastikan produk ataupun jasa yang anda tawarkan memiliki peminat yang besar. Jika tidak, dipastikan anda bisa gulung tikar.

Pastikan Usaha Unik

Dengan modal kecil, anda tetap bisa dapatkan keuntungan yang besar. Hanya saja, pastikan anda memilih usaha yang yang unik. Anda pikirkan ide-ide kreatif yang bisa membedakan usaha anda dengan usaha serupa yang telah ada.

Dengan memikirkannya sendiri, anda tak perlu mengeluarkan uang guna membayar konsultan usaha. Tak hanya itu, sebagai pemula, ada baiknya anda kerahkan semua tenaga dan skill anda sendiri dalam menjalankan usaha. Dalam artian, anda tidak perlu membayar karyawan dalam waktu dekat.

Hargai Waktu

Berikan nilai uang pada waktu anda, contohnya Rp. 20 ribu perjam. Hal ini akan membantu ketika anda harus mengambil keputusan. Jika suatu toko mengenakan biaya sebesar Rp. 10 ribu dalam pengiriman tiap minggu, dan anda memerlukan waktu 2 jam guna pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar saja ongkos kirim dari perusahaan tersebut sebab lebih murah.

Baca Juga:  5 Peluang Usaha Kecil Menengah Modal Kecil

Sikap

Anda bisa dapatkan keuntungan besar dari modal kecil apabila memiliki sikap yang baik. Salah satu sikap tersebut ialah sikap lebih realistis. Ketika membuat model bisnis, anda coba lihat ke sekeliling serta cari contoh sukses dari model bisnis yang anda kehendaki, dan pelajari.

Jika anda tidak bisa menemukan, entah anda yang luar biasa jenius, ataupun model bisnis anda yang tidak akan berhasil di dunia nyata. Selain itu, pastikan anda selalu menjadi yang terbaik. Anda tak boleh setengah-setengah. Lakukan secara terus menerus, dijamin kekuatan word of mouth akan menyebar. Promosi yang bagus pastinya.

Pengelolaan Keuangan

Walaupun modal anda kecil, merintis bisnis sendiri dari nol perlu pemahaman mengenai pengelolaan keuangan yang baik. Anda harus dapat memisahkan antara uang untuk bisnis dan uang milik pribadi. Dengan begitu, anda bisa fokus dalam mengembangkan usaha anda. Jika anda pandai dalam mengelola keuangan, meski dengan modal kecil, dalam beberapa tahun ke depan, modal anda bisa bertambah berkali-kali lipat.

Tinggalkan Balasan