BERBAGI

Bisnis Anak Kuliahan – Kuliah adalah masa-masa yang sangat menyenangkan. Kuliah menjadi salah satu jenjang pendidikan yang menentukan masa depan kita. Saat kuliah, anda sebenarnya bisa mencoba berbisnis untuk mengukur kemampuan diri anda. Disamping itu, anda juga bisa mendapatkan penghasilan pastinya.

Meski mencoba bisnis, masa kuliah anda tidak akan terganggu. Anda tetap bisa fokus belajar karena banyak bisnis sampingan yang mudah dijalankan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja beberapa ide bisnis anak kuliahan berikut ini.

Bisnis Anak Kuliahan

Berikut ini kami bagikan beberapa ide bisnis anak kuliahan selengkapnya untuk anda.

1. Kursus Private

Usaha ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Terlebih lagi jika anda menguasai mata pelajaran pokok, seperti matematika. Anda bisa buka kursus matematika yang memang banyak dicari orangtua murid sebab matematika diajarkan sejak pendidikan dasar hingga diujikan di ujian nasional.

2. Jasa Desain Grafis

Apabila anda mempunyai laptop, anda bisa manfaatkan untuk ladang berbisnis. Salah satu caranya ialah dengan membuat desain grafis. Kemudian anda tawarkan desain grafis yang anda buat kepada blogger, webmasters, ataupun pihak lainnya yang membutuhkan.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Catering Sarden Ikan Pindang Buatan Sendiri yang Menjanjikan

3. Jualan Paket Data

Sebagian besar pengguna sosial media adalah kalangan mahasiswa. Mengingat kenyataan ini, anda bisa mencoba jualan paket data. Seperti yang kita semua ketahui, paket kuota data digunakan untuk berselancar jejaring internet, tak terkecuali membuka sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan masih banyak lainnya.

4. Jasa Fotografi

Bisnis jasa fotografi ini adalah bisnis sampingan mahasiswa yang berkaitan dengan hobi. Usaha yang satu ini bisa ditekuni oleh mahasiswa jurusan photography. Dengan begitu, mereka bisa usaha sekaligus mempraktekkan materi yang diperoleh di kampus.

Meskipun awalnya hanya menjadi bisnis sampingan sewaktu kuliah, akan tetapi bisnis ini berpotensi besar apabila dilakukan secara baik dengan manajemen yang bagus. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi rintisan bisnis yang serius apabila sudah lulus kuliah nantinya.

5. Penulis Artikel

Usaha ini sangat pas untuk anda yang senang menulis. Anda bisa mencoba menulis di koran, web portal berita, web atau blog sendiri, maupun blog orang lain. Selain itu, anda bisa juga menjadi penulis artikel teman kuliah. Anda kerjakan laporan teman atau apa saja.

Hal yang paling penting, anda dapat menulis dengan gaya penulisan yang baik. Penulisan yang baik ini memiliki pengertian gaya penulisan tidak bertele-tele. Selain itu, gaya bahasa baku tidak kaku serta tidak alay. Pastikan tulisan anda original (tidak copy paste).

Baca Juga:  Merencanakan Bisnis Kentang Tornado dari Modal Kecil

6. Ojek Online

Sebagian besar mahasiswa membawa alat transportasi berupa sepeda motor yang digunakan untuk berangkat dan pulang kuliah. Jam kuliah yang sedikit membuat banyak mahasiswa menganggur tidak ada kerjaan. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk anda yang ingin memiliki penghasilan di waktu luang.

Anda bisa memanfaatkan sepeda motor untuk digunakan sebagai ojek online. Ojek online ini memang sangat populer di kawasan kampus. Maka dari itu, usaha ini disebut sebagai bisnis mahasiswa yang menguntungkan. Pastinya keuntungan yang akan diperoleh nantinya lumayan besar.

7. Dropshiper atau Reseller

Anda bisa memulai bisnis sebagai dropshiper atau reseller yang menjualkan produk orang lain. Dalam bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu anda miliki, seperti rekening bank yang tersambung dengan internet banking sehingga memudahkan untuk transaksi ketika ada proses jual beli. Dengan begitu, anda tidak perlu ribet ke ATM.

Tinggalkan Balasan