BERBAGI

peluang-usaha-ternak-kelinci            Peluang usaha ternak kelinci– Perlu kita tahu bahwa persaingan ekonomi yang semakin ketat membuat orang berlomba-lomba untuk mencoba peluang  bisnis lain dalam menambah penghasilan. Berbagai alternatif bisnis banyak yang telah dicoba mulai dari bisnis kuliner, bisnis properti, bisnis travel dan masih banyak lainnya. Salah satu peluang bisnis yang begitu menggiurkan adalah bisnis binatang ternak kelinci. Bisnis tersebut dinilai banyak mendatangkan keuntungan karena banyak bisnis kuliner yang menggunakan olahan daging kelinci dan juga menjamurnya bisnis yang bergerak di bidang petshop. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas peluang usaha ternak kelinci tersebut.

Berikut Adalah Ulasan Tentang Peluang Usaha Ternak Kelinci

  1. Pilihlah Bibit Kelinci yang Bagus

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mencoba kesempatan berbisnis ternak kelinci adalah pemilihan bibit kelinci yang bagus atau dikenal dengan proses pembibitan. Lakukan proses pembibitan sesuai dengan tujuan Anda. Apabila tujuan bisnis Anda adalah untuk memanen daging kelinci secara besar , pilihlah bibit kelinci pedaging dengan kualitas super. Di antara kelinci pedaging kualitas super tersebut di antaranya adalah jenis Californian,  English Spot, atau American Chinchilla. Apabila tujuan bisnis Anda adalah bisnis garment kulit kelinci, pilihlah jenis kelinci yang memiliki bulu tebal seperti jenis Anggora. Sedangkan untuk bisnis petshop, Anda bisa memilih jenis kelinci yang memiliki bulu halus dan berwajah lucu seperti Himalayan, Flemish Giant, Californian, dan Havana.

Baca Juga:  5 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
  1. Buatlah Kandang yang Ideal bagi Perkembangan Kelinci Anda

Untuk membuat kandang yang ideal bagi perkembangan kelinci ternak Anda, Anda harus memperhatikan ukuran kandang mereka. Gunakan ukuran kandang dewasa dengan  panjang kali lebar antara 200x70x70 cm. Gunakan  tinggi alas sekitar 50 cm. Isi kandang tersebut dengan kelinci dewasa berjumlah 10 sampai 12 ekor kelinci dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, sediakan kandang dengan ukuran 50x30x45 cm. Agar kelinci Anda selalu merasa nyaman, berikan sekat-sekat hangat dan ventilasi yang banyak dengan suhu 21 derajat Celscius.

  1. Analisa Peluang Usaha Ternak Kelinci

Berikut adalah  analisa modal dan keuntungan dalam memanfaatkan kesempatan berbisnis ternak kelinci  :

  • Kandang kelinci Bambu ukuran ideal : Rp. 700.000
  • Bibit induk 20 ekor (20xRp.35.000) : Rp. 700.000
  • Pakan (sayur dan rerumputan) : Rp. 600.000
  • Vitamin dan obat-obatan : Rp. 500.000

Total    : Rp. 2.500.000

Pendapatan yang Anda peroleh apabila Anda beternak dengan menggunakan jenis kelinci rambon yang berharga Rp.200.000, maka dalam satu kali panen adalah sebagai berikut:

  • Hasil satu kali panen (20xRp.200.000) : Rp. 4.000.000
  • Keuntungan (Rp.4.000.000- Rp.2.500.000) : Rp. 1.500.000

Demikianlah beberapa ulasan singkat tentang peluang usaha ternak kelinci yang bisa Anda jalankan di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:  Daftar Harga Infokus Untuk Ruangan Super Besar Update 2016

Tinggalkan Balasan