BERBAGI

Penjual yang berusaha menjual produknya sehingga berhasil mendapatkan pembeli dari mulai pembeli pertama sampai pembeli selanjutnya. Jumlah pembeli dapat diketahui dari data penjualan sudah berapa orang yang membeli produk atau jasa yang dijual. Sejumlah orang yang pernah membeli produk Anda dapat Anda jadikan pelanggan yang berkali-kali membeli atau menggunakan jasa Anda sampai akhirnya menjadi pelanggan setia atau pelanggan tetap.

Adanya pelanggan tetap sangat penting dalam menciptakan penjualan berkelanjutan atau dalam siklus penjualan yang senantiasa hidup dan mengalami perputaran, sehingga usaha penjualan tidak pernah sepi order karena order sudah rutin dan dapat diukur dengan memiliki langganan tetap. Anda tinggal melayani mereka sambil mencari konsumen baru.

bisnis online yang menguntungkan_4

Cara-cara yang dapat dilakukan agar pembeli produk Anda bisa menjadi langganan diantaranya:

1. Komunikasi efektif dengan menanyakan respon mereka

Komunikasi penjualan dapat dilakukan sebelum penjualan dengan mengkomunikasikan beberapa solusi yang ditawarkan bagi konsumen dengan menggunakan produk Anda, komunikasi mengenai manfaat produk dan nilai tambah yang dikandung dalam produk yang Anda jual.

Komunikasi dapat dilakukan setelah penjualan dengan menanyakan respon konsumen tentang produk yang telah mereka beli, apabila konsumen menyatakan kepuasannya maka hal itu bisa menjadi referensi yang positif bagi produk Anda kedepannya. Respon konsumen yang menyatakan kurang puas dengan produk Anda, Anda dapat menanyakan letak ketidakpuasannya dari segi apa, apakah dari segi produknya atau segi layanan yang diberikan, kekurangan tersebut dapat Anda perbaiki dan komuniasikan lagi dengan konsumen sampai mereka puas, dengan demikian mereka akan merespon positif produk Anda dan kemungkinan besar membeli lagi dan menjadi pelanggan.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Penjual Gagal Menjual Produk

2. Minta masukan dan kritik

Komunikasi lain yang dapat dilakukan misalnya ketika konsumen telah menyatakan kepuasan ataupun menyatakan ketidak puasan namun segera direspon positif dengan menangani segala yang dirasa tidak puas sampai tuntas dan konsumen akhirnya menyatakan kepuasan, maka langkah selanjutnya Anda bisa meminta mereka masukan dan kritikan yang membangun untuk pengembangan produk selanjutnya. Masukan konsumen sangat berguna untuk mengembangkan produk yang biasanya selalu dilakukan oleh penjual atau pengusaha dalam rangka inovasi produk untuk waktu mendatang. Konsumen yang memberi masukan yang merupakan keinginannya terhadap produk yang ideal bagi mereka ketika masukan diterima dan dijalankan maka mereka akan menjadi pelanggan setia terhadap produk Anda.

3. Menerima komplain dan menjadikannya sebagai peluang

Penjual yang professional akan selalu menerima segala komolain dari konsumen karena mereka berkomitmen terhadap kepuasan konsumen dan menciptakan customer relation, dimana konsumen dijadikan kawan baik hinggan mereka akan menjadi langganan.

4. Paket keanggotaan atau member

Cara lain untuk menjadikan pembeli menjadi langganan adalah dengan mengadakan paket keanggotaan atau member, misalnya konsumen yang pernah membeli akan diberi kartu member. Kartu tersebut digunakan untuk mendapat potongan harga tertentu atau harga member untuk pembelian selanjutnya.

Baca Juga:  Cara Mudah Menjual dengan Marketing Mix

5. Sistem bonus

Sistem bonus dapat dilakukan ketika promosi dengan memberi bonus khusus bagi pembeli misalnya membeli 3 garatis 1, atau beli 2 bonus 1, atau memberi bonus dalam bentuk lain selain produk yang dijual, seperti cuci mobil gratis teh botol, sehingga konsumen dapat menunggu mobilnya dicuci sambil menikmati minuman teh botol, atau program bonus seperti mendapat voucher belanja setelah berbelanja dengan jumlah tertentu atau setelah belanja beberapa kali. Sistem bonus dilakukan untuk memberi rangsangan agar pembeli datang lagi dan menjadi langganan.

Tinggalkan Balasan