BERBAGI

Cara buat toko online sendiri dengan mudah. Berbisnis online dengan mendirikan sebuah toko online memang kini menjadi incaran calon pebisnis. Banyak orang yang sudah mulai memanfaatkan media online untuk berbisnis atau memperoleh pendapatan sampingan. Toko online sendiri merupakan tempat untuk kita menjual produk-produk yang dijualkan secara online di internet. Dengan memiliki toko online sendiri, tentu akan lebih mudah dalam hal pemasaran juga para pelanggan pun bisa secara langsung berhubungan dengan kita sebagai penjual. Cara buat toko online memang ada 2 cara, yaitu toko online gratis dan berbayar.

cara buat toko online_1

Cara Membuat Toko Online Gratis

Dalam artikel kali ini kita akan membahas cara buat toko online gratis melalui blog. Untuk mendirikan sebuah toko online di blog, Anda tentu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Jika sudah memiliki email, cukup membuat blog sendiri di situs blogger.com. Setelah itu, Anda bisa menentukan judul serta deskripsi blog dari toko online yang Anda buat. Ada beberapa cara membuat toko online memakai blog di bawah ini:

  1. Melakukan Instal Template di Blog Toko Online Anda
Baca Juga:  Membuat Pengelolaan Administrasi Bisnis Yang Efektif

Cara buat toko online gratis yang pertama adalah dengan mendapatkan template blogger secara gratis terlebih dulu. Template blog di sini agar konsumen bisa melihat tampilan pada website Anda. Anda bisa memilih template yang membuat tampilan blog toko online Anda lebih berkredibilitas. Dalam cara buat toko online ini, pastikan Anda memilih template yang menarik. Dalam dashboard blogger, Anda bisa mengklik nama pada blog yang telah Anda buat setelah itu di bagian bawah pada sidebar, Anda bisa mencari tulisan Template di bagian ikon kuas lalu klik sebelah kanan atas, kemudian backup atau restore. Dengan begitu Anda sudah bisa upload template untuk blog Anda.

  1. Tambahkan Produk di Blog Toko Online Anda

Cara buat toko online sendiri yang kedua adalah dengan menambahkan produk-produk yang hendak Anda jual di blog toko online Anda. Adapun caranya klik “New Post” pada dashboar, lalu di halaman post Anda bisa mengganti format penulisan menjadi HTML. Setelah itu, tambahkan produk jualan Anda pada template HTML yang telah disediakan. Anda juga bisa menyertakan deskripsi dan penjelasan produk dalam tahapan cara buat toko online ini.

  1. Proses Pembayaran
Baca Juga:  Ide Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Cara buat toko online selanjutnya adalah menerapkan proses pembayaran. Memakai blog untuk dijadikan toko online memang terdapat beberapa kekurangan, di antaranya mata uang yang ditetapkan tergantung pada mata uang berdasarkan dukungan PayPal. Namu bisa saja Anda menjual produk memakai rupiah sebagai mata uangnya. Anda bisa menyarankan konsumen untuk transfer pembayaran produk secara manual melalui transfer bank.

  1. Mulai Promosikan Toko Online Anda

Cara buat toko online terakhir adalah dengan mempromosikan toko online dari blog yang telah Anda buat. Supaya nantinya para calon pembeli atau pengunjung bisa membeli barang jualan Anda dengan berdatangan mengunjungi toko online milik Anda tersebut. Untuk cara buat toko online yang terakhir ini, Anda bisa mempromosikan toko online melalui sosial media, submit link pada social bookmark, promosi langsung lewat email, BBM, dan masih banyak lagi cara yang lainnya.

Nah, itulah tahapan-tahapan cara buat toko online gratis di blog dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan