BERBAGI

Dalam membangun bisnis internet online Anda dapat menggunakan tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan secara umum agar pelaksanaan bisnis online dapat terarah secara efektif dan efisien. Tahapan tersebut diantaranya:

1. Menentukan jenis bisnis

Menetukan jenis bisnis yang akan dijalani artinya menentukan spesifikasi bisnis seperti menjual produk berupa satu jenis barang, menjual beberapa jenis barang atau bermacam-macam barang, menjual atau layanan jasa seperti jasa konsultasi, jasa pelatihan online dan lainnya.

Baca Juga : 7 Jenis Usaha yang Lagi Ngetrend di Internet

2. Menentukan produk

Produk yang akan dijual baik produk berupa barang atau produk berupa jasa ataupun keduanya yaitu barang dan jasa, harus dirinci secara spesifik mengenai jenis produk, merk dagang kalau ada, spesifikasi produk meliputi dimensi panjang, lebar dan tinggi untuk produk barang, ukuran-ukuran lain seperti kg, unit dan lainnya. Cara penggunaan produk, manfaat, keunggulan dan lainnya.

Bisnis Internet Online

Produk yang akan dijual dirinci apakah produk tersebut dibuat atau diproduksi sendiri yang nantinya akan menimbulkan biaya pembelian bahan baku serta biaya produksi, atau apakah produk dibeli dari pihak lain seperti dibeli dari pabrik, produsen, mengimpor dari luar negeri, atau membeli hak produk dari orang lain seperti produk pada sistem franchise, atau produk program afiliasi atau program patungan.

Baca Juga:  Ingin Memiliki Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan? Temukan Idenya Disini

Produk yang diproduksi sendiri sebelum ditentukan atau dibuat, sebaiknya dilihat dulu tren yang terjadi apakah sedang bagus atau sedang merosot, lalu melihat juga segmentasi pasar dan target pasar yang akan dibidik serta kebutuhan konsumen terhadap produk tersebut. Anda dapat mengeceknya melalui informasi yang tersedia di internet.

Produk yang akan dijual haruslah unik dan eksklusif dalam arti produk tersebut berbeda dengan produk orang lain, juga kualitasnya bagus agar menjadi kepuasan tersendiri bagi pelanggan, karena produk sendiri yang dipasarkan pada bisnis internet online harus mempertimbangkan siklus penjualan ke depan atau penjualan yang berkelanjutan dalam arti bukan hanya sekedar menjual dengan sekali jual tapi dapat menjual produk secara terus menerus kepada konsumen yang akhirnya menjadi pelanggan tetap. Inilah alas an mengapa produk yang dijual melalui pasar online harus memiliki kualitas bagus.

Membangun website

3. Membangun website

Setelah produk dipersiapkan, Anda dapat segera membuat website yang akan menjadi “toko” untuk memasarkan produk tersebut. Membangun website dimulai dari perencanaan website, desain website, perencanaan konten atau isi website, perencanaan kemudahan transaksi dan pembayaran serta pengiriman.

Website yang dibuat untuk keperluan ecommerce atau perdagangan maupun bisnis menggunakan internet online harus dipersiapkan dengan matang dari segi desain yang menarik dan tidak membosankan pengunjung serta kemudahan mengoperasikannya juga kemudahan proses berbelanja bagi kosumen. Hal ini akan sangat menentukan desain dan penempatan halaman-halaman pokok seperti halaman produk, halaman untuk transaksi, keranjang belanja, komunikasi dengan calon konsumen, dan lainnya.

Baca Juga:  5 Peluang Bisnis yang Menjanjikan Untuk Anak Sekolahan

4. Mempromosikan bisnis

Promosi bisnis melalui internet online sangat menentukan penjualan produk, karena hal ini akan berhubungan dengan cara Anda memperkenalkan produk yang akan Anda jual ke berbagai target pasar yang telah Anda tentukan serta target lainnya, juga berhubungan dengan cara membuat calon pembeli tertarik dengan produk tersebut sehingga mereka mau membeli produk tersebut. Rencanakanlah promosi bisnis dengan internet online dengan membuat perencanaan promosi bisnis online.

Mengevaluasi pasar

5. Mengevaluasi

Tahap-tahap yang telah dijalankan harus dievaluasi sehingga diharapkan tidak ada kesalahan yang berarti dari segi penetapan langkah dan proses yang dijalankan, evaluasilah website Anda dengan cara mengecek setiap tag dan link yang ada apakah sudah terhubung dengan benar ke halaman yang dimaksud, periksalah website secara keseluruhan misalnya dari segi kemudahan penggunaan atau mengoperasikannya, bayangkan Anda menjadi calon pembeli yang memsuki website yang dibuat tersebut, lalu Anda coba operasikan apakah menurut Anda penggunaan website tersebut mudah, kalau sudah diperiksa Anda dapat segera memulai bisnis internet online Anda.

Tinggalkan Balasan