BERBAGI

Keyword atau kata kunci dalam sebuah halaman situs atau blog sangat mempengaruhi peringkat sebuah halaman situs di mesin pencari (search engine), hal ini menjadikannya menjadi salah satu faktor penting dalan SEO (search engine optimation).

Riset keyword atau riset kata kunci merupakan bagian dari SEO, sebuah istilah yang digunakan untuk menemukan sebuah kata kunci yang tepat serta optimal untuk halaman situs.

Riset keyword adalah bagian yang sangat penting dalam strategi SEO, bisa dikatakan sebagai langkah awal yang  akan menunjang langkah-langkah berikutnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Apa itu Riset Keyword dan Cara Melakukannya

Apa Itu Riset Keyword?

Ketika seorang pengunjung melakukan pencarian di sebuah search engine seperti Google atau Yahoo, ia akan mengetikkan sebuah kata atau beberapa kata pada kolom pencarian.

Kemudian search engine akan menampilkan daftar situs yang memiliki kata-kata yang sama dengan yang diketikkan si pengguna atau yang berkaitan.

Nah, jika Anda menginginkan halaman situs atau blog Anda berada di halaman pertama di halaman hasil pencarian search engine, maka halaman situs atau blog Anda harus memiliki kata kunci yang digunakan pengunjung tersebut.

Jika halaman situs atau blog Anda berada di halaman pertama pencarian tentunya akan meningkatkan trafik pengunjung di situs atau blog Anda.

Jadi sangat perlu dilakukan riset keyword  guna menemukan kata kunci yang sesuai dan tepat untuk sebuah halaman situs atau blog, hal ini akan membuat halaman situs atau blog menjadi ramah terhadap situs pencari (search engine friendly).

Baca Juga:  Buka Usaha Modal Kecil Memanfaatkan Internet

Riset keyword merupakan sebuah upaya untuk menemukan dan menganalis kata kunci apa yang sesuai untuk Anda gunakan ketika Anda membuat sebuah postingan di situs atau blog Anda.

Jadi, intinya riset keyword adalah mencari kata kunci yang populer dan sering digunakan oleh pengguna di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya, kemudian mengoptimasi kata kunci tersebut pada situs atau blog yang Anda kelola.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan riset keyword agar dapat menemukan kata kunci yang tepat:

  1. Carilah kata kunci apa yang paling sering digunakan pengunjung ketika melakukan penelusuran di search engine.
  2. Ketahui berapa banyak kompetitor (saingan) yang menggunakan keyword tersebut guna mengetahui seberapa tinggi tingkat persaingan.
  3. Melakukan optimalisasi halaman situs atau blog (seo on page) dengan kata kunci yang telah Anda pilih dan tetapkan.

Dalam Riset keyword terdapat dua jenis golongan kata, yaitu short keyword dan long tail keyword.

Short keyword merupakan kata kunci yang mendasar, terdiri dari satu atau dua kata. Misalnya: Smartphone terbaru, Blogging, Internet Marketing,  Bisnis Online, dan lainnya.

Sedangkan Long tail keyword adalah kata kunci yang dihubungkan dengan kata kunci lain atau ditambah dengan kata lain sehingga akan membentuk sebuah kata kunci baru yang lebih panjang. Biasanya terdiri dari sebuah kalimat. Misalnya: Cara membuat blog, Cara agar blog berada di halaman pertama Google, Bagaimana menggunakan Teknik SEO, Cara memasak Ikan Tuna, dan lainnya.

Baca Juga:  Waspada Terhadap Pembeli Nakal! Jadilah Penjual yang Bijak

Bagaimana Cara Melakukan Riset Keyword?

Ada tiga langkah yang harus dilakukan dalam melakukan riset keyword:

Langkah Pertama: Tentukan apa yang ingin dan akan Anda tulis

Tentukan topik apa yang akan Anda tuliskan di situs atau blog Anda, kemudian pikirkan dan tulislah daftar keyword yang berkaitan dengan ide tulisan tersebut. Perkirakan kata kunci apa saja yang akan digunakan pengguna di search engine yang berkaitan dengan topik tersebut.

Langkah Kedua: Gunakan Keyword riset tools

Setelah Anda mendapatkan daftar kata kunci, lakukan riset kata kunci tersebut menggunakan Keyword riset tools.

Ada beberapa Tools baik berbayar maupun gratis untuk melakukan riset kata kunci yang bisa Anda gunakan, misalnya: Google Adwords keyword planner, Reven Tools Research Central, Advanced Web Rangking.

Keyword Riset Tool akan membantu anda menemukan berapa banyak jumlah  penelusuran, tingkat persaingan kata kunci, dsb.

Langkah Ketiga: Lakukan optimasi pada kata kunci dalam tulisan Anda.

Anda dapat menggunakan keyword optimal (hasil bantuan Keyword riset tools), atau membuat keyword baru dari keyword optimal yang telah Anda dapatkan.

Misalnya Anda menemukan kata kunci optimal terkait “Jualan online”, yaitu: “Jualan dengan facebook” dan “Jualan online dengan memanfaatkan facebook”. Anda bisa menggunakan salah satu keyword tersebut atau bisa membuat yang baru, yaitu: “Tips Jualan online dengan memanfaatkan facebook”.

Semoga informasi ini berguna dan bisa bermanfaat bag bagi Anda.

Tinggalkan Balasan