BERBAGI

Banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses tetapi akhirnya hanya sedikit yang dapat merealisasikan cita-citanya tersebut. Lebih dari 50 persen yang dulu bercita-cita menjadi pengusaha, malah menjadi pegawai kantoran, PNS, dan lain sebagainya. Ya, mereka lebih nyaman bekerja pada orang lain atau perusahaan dengan berbagai alasan.

Setelah meneliti lebih lanjut ada berbagai alasan mengapa mereka memilih menjadi seorang pegawai dibanding menjadi seorang pengusaha.  Alasannya ada pada 3 masalah utama, yaitu:

1) Mereka tidak tahu bisnis apa yang lebih menguntungkan daripada menjadi pegawai

2) Mereka tidak mempunyai modal atau mereka hanya mempunyai sedikit modal

Alasan kedua inilah yang paling banyak menjadi penyebab utama seseorang tidak menjadi pengusaha. Mereka berpikir bahwa semua bisnis itu memerlukan modal besar, sehingga mereka memutuskan untuk bekerja dulu sebagai pegawai sambil mengumpulkan uang untuk modal kelak.

3) Mereka sudah terlanjur bekerja menjadi pegawai dan sudah berkeluarga

Alasan yang nomor 3 inilah yang paling tragis, dari alasan akan muncul cabang-cabang alasan lainnya seperti beban mereka yang semakin banyak karena ada kebutuhan tambahan untuk istri dan anak; kalau pekerjaannya yang sekarang ditinggalkan, maka resikonya akan besar; karena sibuk bekerja dan mengurus keluarga, maka mereka tidak dapat memulai untuk berbisnis.

Jika Anda mengalami salah satu atau semua permasalahan itu, maka artikel ini bisa jadi solusi untuk mengatasinya.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 21 peluang bisnis yang dapat Anda mulai tanpa melihat 3 masalah utama di atas yang mungkin menjadi penyebab utama seseorang tidak dapat menjadi seorang pengusaha.

21 peluang bisnis ini merupakan bisnis online, sehingga tidak akan menyita waktu Anda, selain itu prospek dan potensinya masih sangat besar, dan yang terpenting bisnis ini membutuhkan modal relatif kecil. Silahkan simak artikel dibawah ini.

1. Menjual Produk/ Jasa secara online di website Anda sendiri

Saat ini ada banyak orang yang mulai mencoba untuk terjun dibisnis ini, karena prosesnya mudah, tidak membutuhkan modal besar, namun keuntungan yang didapat sangat menjanjikan.

Dengan berjualan dan menawarkan barang secara online, prosesnya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet. Maka dari itu, bisnis ini sangat prospek untuk Anda yang mempunya pekerjaan lain yang tidak dapat ditinggalkan.

Untuk menjual produk secara online Anda dapat memakai beberapa platform di bawah ini:

a) Shopify  : Harga mulai $14 yang dibayarkan perbulan

b) BBM, facebook, instagram, dll :

Sudah banyak yang mengenal sosial media ini, sehingga sudah banyak pula yang memanfaatkannya untuk berjualan online karena kemudahannya.

c) WordPress + WooCommerce :

Biayanya kurang lebih $40 yang dibayarkan per tahun untuk domain dan hosting.

d) Jarvis Store atau WebPraktis :

Platform ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet, karena keduanya menggunakan bahasa Indonesia kalau Anda bingung bisa tanya langsung pada customer servicenya.

2. Berjualan di Marketplace (Pasar Online)

Pernahkah Anda mendengar tentang marketplace ? Marketplace saat ini di Indonesia sudah dikenal luas, jika Anda  menonton TV, membuka internet, pasti akan banyak muncul iklan tentang Marketplace ini.

Untuk orang yang gaptek, tidak ingin ribet, dan sudah tidak sabar untuk memulai bisnisnya, cara kedua ini sangat cocok dan wajib Anda terapkan. Anda tinggal mendaftar menjadi penjual tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Selain itu keuntungan berjualan di marketplace adalah biasanya marketplace sudah memiliki banyak pengunjung, jadi Anda bisa dengan mudah dalam mendapatkan pembeli.

Beberapa contoh marketplace besar yang dapat Anda manfaatkan keberadaannya yaitu OLX, Tokopedia, bukalapak, dan lain-lain.

3. Berjualan dengan menjadi dropshipper

Dropshipping merupakan cara berjualan tanpa memiliki stok. Inti dari cara berjualan ini adalah saat ada seseorang yang membeli produk dari Anda, maka Anda akan mengajukan orderan tersebut ke pihak ketiga.

Jadi, pihak ketiga itulah yang akan mengirimkan barangnya atas nama Anda.  Dengan menjadi dropshipper Anda tidak perlu memiliki banyak modal.

4. Menjadi publisher iklan

Secara singkat cara kerjanya adalah sebagai berikut:

Anda membuat website dengan konten bagus dan berkualitas, karena google tidak menerima konten atau artikel copy paste.

Baca Juga:  Manfaatkanlah Peluang Usaha Barang Bekas sebagai Usaha Tambahan Anda!

Kemudian Anda menampilkan kode iklan di website. Setelah itu, iklan akan muncul . dan secara otomatis saat pengunjung meng-klik iklan tersebut, maka Anda akan mendapatkan penghasilan.

5. Affliate Marketing

Yang harus Anda lakukan dibisnis ini adalah mempromosikan atau merekomendasikan produk milik orang lain, lalu saat ada seseorang yang membeli  atas rekomendasi Anda, maka akan mendapatkan penghasilan.

Jadi, semakin banyak customer yang membeli karena rekomendasi Anda, maka semakin banyak juga penghasilan yang akan Anda peroleh.

7. Bisnis produk informasi

Bisnis produk informasi yang dimaksud disini adalah berupa produk yang isinya berupa informasi seperti buku, ebook, video atau audio tutorial, dll dalam bentuk digital/elektronik.

Sebelum Anda memulai bisnis ini, Anda tentu harus mempunyai keahlian yang mendalam di bidang tertentu, misalnya Anda sangat berkompeten dibidang kesehatan, maka disarankan untuk membuat produk informasi tentang penyakit, cara hidup sehat, dll, pokoknya yang berkaitan dengan kesehatan.

Setelah produknya jadi, Anda dapat menjualnya secara online seperti di marketplace, ataupun di website atau blog anda sendiri.

8. Membuka kursus online

Untuk memulai menjadi guru tutor di bisnis kursus online caranya hampir mirip seperti bisnis informasi.

Intinya Anda harus mempunyai skill pada bidang yang akan Anda ajarkan. Namun perbedaannya panduan yang akan Anda berikan pada kursus, dibagi dalam beberapa sesi, misal 2 kali per minggu/ perbulan. Pada bisnis ini Anda dapat memanfaatkan platform seperti Fedora, Udemy, WordPress + plugin Zippy Courses, Ratakan, dll.

8. Jasa Desain Grafis

Bagi Anda yang hobi mendesain, bisnis ini sangat cocok untuk dicoba. Anda bisa menjual jasa desain yang anda buat dengan memanfaatkan banyak platform seperti Sribu, 99designs, Fiverr, dll.

9. Menjual Stok Desain Grafis

Stock yang dimaksud disini merupakan template yang siap dijual dan siap digunakan. Misalnya seperti template photoshop, template logo, template icon, template presentasi MS.Power Point, dll.

Berikut ini platform yang cocok jika Anda akan mencoba bisnis ini: GraphicRiver, CreativeMarket, IconFinder.

10. Bisnis Foto Royalti-Free

Peluang usaha ini akan sangat menarik untuk para fotografer atau Anda yang hobi potografi. Foto royalti-free merupakan foto yang bisa digunakan untuk keperluan apapun setelah seseorang membeli lisensinya.

Saat ada seseorang yang membuat konten tutorial sebuah web, maka orang tersebut sudah pasti membutuhkan sebuah foto untuk mempercantik atau melengkapi konten yang sedang ia buat.

Nah, daripada meyewa fotografi yang harganya mahal, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli lisesnsi dati foto royalti-free; disinilah bisnis Anda akan sangat berguna. Untuk menjual foto-foto Anda dapat menggunakan iStockPhoto, ShutterShock.

12. Menjual plugin dan templater WordPress

Saat ini sudah ada 29.000 plugin dan ada 74.652.825 situs berbasis wordpress. Ada plugin dan tema yang gratis, ada pula yang berbayar.

Meskipun ada yang gratis, tidak semua orang puas dengan plugin maupun tema tersebut, karena yang premium atau berbayar tentu kualitasnya lebih baik dibanding yang gratisan.

Maka dari itu banyak yang memanfaatkan peluang ini menjadi sebuah bisnis. Tempat menjual Template terpopular saat ini yaitu ThemeForest yang memiliki penghasilan sekitar 1 milyar perminggunya.

12. Penulis Artikel Freelance

Untuk mengisi sebuah website, tentu perlu konten atau artikel yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang dapat membuat artikel berkualitas. Jadi ini bisa anda manfaatkan peluang tersebut, terutama bagi Anda yang memiliki hobi menulis.

Mengingat saat ini banyak orang yang membuat website atau blog untuk mendapatkan uang dari iklan, maka penulis artikel juga ikut mendapatkan penghasilan dari sana.

Anda dapat menjadi penulis artikel dengan memulai mendapatkan konsumen dengan promo di website atau blog anda, facebook maupun mencari konsumen di website yang menjadi media bertemunya para freelancer dan kumsumen seperti Sribulancer, Freelancer, UpWork, TextBroker.

13. Menjadi Copywriter

Pekerjaan utama seorang copy writer adalah menulis teks yang bertujuan untuk mempengaruhi/ merayu orang lain agar orang tersebut (target pasar) melakukan apa yang diinginkan oleh copy writer tersebut, seperti membeli produk, memakai jasa, mendaftar anggota, dll.

Semakin dengan majunya perkembangan zaman, maka media periklanan saat ini tidak hanya dalam bentuk teks, namun juga dapat berupa audio maupun video. Maka copy writer juga harus menguasai teknik tersebut. Pendapatan seorang copywriter berkali-kali lipat lebih banyak daripada penulis content biasa.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik Sawi Cepat Balik Modal

14. Translator

Usaha sampingan ini merupakan salah satu usaha yang tidak menyita banyak waktu. Di Indonesia, translator Indonesia-Inggris maupun sebaliknya merupakan salah satu pekerjaan yang cukup banyak dicari.

Untuk bidang pendidikan, tiap tahunnya mahasiswa membutuhkan jasa translator misalnya untuk pembuatan abstrak skripsi, tesis, maupun disertasi.

Sedangkan dosen juga butuh jasa translator untuk mempublikasikan jurnal internasional mereka. Anda bisa menjual jasa anda lewat social media, website atau di marketplace seperti di Fiverr, Sribulancer, OneHourTranslation, dll.

 15. Virtual Assistant

Pekerjaan seorang virtual assitant mencakup beberapa pekerjaan dalam daftar di bawah ini:

  • Penulis,
  • Desain grafis,
  • Editing,
  • Copywriting,
  • Manajemen social media,
  • Translati,
  • Progamming,
  • Dan sebagainya.

16. Pelatihan atau Konsultasi

Jika anda telah memiliki suatu keahlian, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba merambah ke bisnis ini. Dengan keahlian yang dimiliki, Anda dapat menjual jasa mengenai suatu topik yang Anda kuasai misalnya desain grafis dalam bentuk konsultasi atau pelatihan. Konsultasi privat termasuk jenis jasa yang mampu menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi untuk setiap sesinya. Maka dari itu, mulailah mulai sekarang .

17. Menyediakan Jasa Web Development

Jika Anda ingin memulai jasa web developer, mulailah dengan proyek yang kecil. Kalau anda menjadikan bisnis web development ini sebagai pekerjaan sampingan, coba gabung dengan beberapa website untuk freelancer seperti UpWork, Projects.co.id; yang mana dari kedua web yang sudah terkenal tersebut pastilah terdapat banyak pekerjaan web development dari proyek kecil hingga proyek besar dengan pendapatan mulai dari dibawah satu juta hingga ratusan juta.

18. Bisnis Produk/ Jasa Software

Menjadi software developer juga merupakan bisnis yang sangat potensial dalam meraup penghasilan di dunia online. Semakin berkembangnya zaman, maka software developer juga akan semakin banyak dicari.

Anda yang lulusan jurusan sistem informasi, komputer, atau lainnya yang memiliki skill dalam hal pemprograman dapat membuat software sendiri lalu menjualnya sebagai produk atau layanan. Untuk awal pemasarannya dapat melalui  web Anda sendiri atau melalui sosial media.

19. Bisnis Jasa SEO

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini bisnis berbasis toko online dan web/blog sudah menjamur.

Salah satu dari suksesnya bisnis online tersebut adalah trafik. Nah, untuk mendapatkan trafik yang bagus adalah melalui mesin pencari/Search Engine.

Agar dapat trafik dari mesin pencari, maka website mereka harus dioptimasi agar bisa berada di halaman pertama yaitu memenangkan persaingan dengan website/blog lain. Salah satunya dengan menggunakan teknik SEO. Disinilah peran Anda sebagai pebisnis akan dicari dan dibutuhkan oleh mereka.

Yang harus Anda sediakan jika ingin menggeluti bisnis ini adalah:

  • Riset kunci dan beberapa pesaing/kompetitor
  • Pembuatan sampai distribusi/content marketing
  • Optimasi suatu website
  • Melakukan monitor blacklink
  • Selalu berusaha mencabut dan menghindari penalti dari google
  • Menganalisa beberapa data dari Google Analytics.

20. Menjual Nama Domain dengan Harga Tinggi

Bisnis ini lebih ke arah investasi. Jadi, misalnya Anda membeli sebuah domain pada tahun 2014 dengan harga $10, di tahun 2015 domain tersebut dapat naik harganya menjadi lebih mahal bahkan berkali lipat harganya dibanding ketika membeli ditahun lalu. Dengan bisnis seperti ini jika Anda sukses, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak

21. Menjual Produk atau Jasa dengan Sistem Berlangganan

Yang terpenting dalam bisnis ini adalah produk atau jasa yang akan Anda jual dapat habis atau selesai selama periode tertentu, misalnya dalam periode seminggu atau sebulan. Jadi orang lain dapat berlangganan membeli produk tersebut kepada Anda. Tentu ini akan menjadi penghasilan rutin anda.

Nah, itulah 21 peluang usaha online yang bisa dimulai saat ini juga tanpa harus meninggalkan pekerjaan tetap anda sebagai pegawai. Mungkin ketika memulainya ini merupakan pekerjaan sampingan tapi seiring berjalannya waktu, bisa jadi pekerjaan tersebut akan menjadi pekerjaan utama anda. Bisnis yang mengantarkan anda kepintu kesuksesan menjadi seorang pengusaha sukses.

1 KOMENTAR

  1. wah banayk banget prospek bisnis online di nternet… namun tidak semua mampu melakukan hal itu, setidaknya kita harus berikan solusi bagi mereka yang meninginkan prospek bisnis online paling menjanjikan di internet, agar mereka juga bisa belajr dan muncul minat yang tinggi
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan