BERBAGI

Mengapa berbisnis di Internet yang dilakukan secara online bisa sangat potensial untuk mengembangkan bisnis kita? Berikut berbagai rahasia sukses bisnis internet secara online.

Pangsa pasar signifikan

Pangsa pasar atau cakupan pasar yang bisa digarap dalam bisnis internet online yang merupakan seluruh pemakai internet pastinya terus meningkat secara signifikan dengan jumlah yang makin besar.

Makin tingginya angka pengguna internet setiap waktu didukung oleh program pemerintah misalnya penyediaan hotspot gratis di berbagai kota, penyediaan internet gratis atau dibiayai pemerintah di berbagai lembaga pendidikan, pengembangan internet sampai ke desa-desa untuk meningkatkan mutu pertanian dengan kemudahan mencari informasi dan pemasaran hasil pertanian, perkebunan dan perikanan, ditambah biaya koneksi internet makin terjangkau.

Pangsa pasar signifikan

Pangsa pasar internet online makin besar dengan adanya kemudahan pemakaian internet pada smartphone dengan basis windows dan android yang saat ini berkembang sangat pesat, dimana pangsa pasar yang demikian besar tersebut mencakup para remaja dan orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Segmentasi pasar mudah dikelola

Bisnis dengan sistem internet online memungkinkan pebisnis mudah memasuki berbagai segmentasi pasar karena telah tersedia berbagai group dengan berbagai klasifikasi dan kelas pasar. Ada grup yang termasuk kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah yang bisa Anda lihat dari harga-harga yang dijual dalam grup tersebut, walaupun produknya sama namun penjual harus memosting harga yang tertentu menurut standar grup tersebut yang mencerminkan kelas atau segmen pasar.

Baca Juga:  Pentingnya Internet Sebagai Pengembangan Bisnis Kedepan

Misalnya Anda akan menjual produk batu akik jenis batu bacan, bila anda menjualnya pada grup kelas atas Anda disyaratkan untuk menjual dengan harga minimal Rp. 1 juta rupiah, kecuali Anda menjual di grup lain pada segmen pasar menengah atau bawah maka harga terserah Anda.

Modal minimal

Modal minimal

Modal bisnis online dapat dikatakan minimal atau relatif kecil dibanding dengan modal untuk bisnis dengan cara konvensional yang biasanya melalui proses sebagai berikut:

  1. Mengadakan riset pasar sebelum menentukan produk untuk menemukan kebutuhan pasar sehingga produk nantinya dapat diserap oleh pasar atau konsumen dengan efektif.
  2. Modal untuk biya produksi,
  3. Modal untuk biaya sewa tempat usaha dan peralatan lainnya,
  4. Biaya promosi dan periklanan,
  5. biaya pengiriman dan distribusi,
  6. Biaya operasional untuk beban bulanan, komunikasi, transportasi dan lainnya.

Dengan bisnis online modal dapat di minimalkan karena

1) Riset pasar bisa dilakukan dengan menggali informasi di internet,
2) Biaya produksi dapat diminimalkan dengan memakai system reseller dan drop shipper,
3) Tidak membutuhkan lokasi usaha cukup dirumah atau dikamar kost yang tersambung dengan internet,
4) Promosi dan iklan gratis,
5) Biaya pengiriman oleh pembeli,
6) Biaya operasional hanya biaya koneksi internet bulanan yang cukup terjangkau.

Baca Juga:  Teknik Perencanaan SDM Secara Profesional Dalam Bisnis

Pemasaran murah

Biaya pemasaran bisnis internet online relatif murah karena bisa memanfaatkan iklan gratis di internet

Waktu bisa diatur

Waktu untuk menjalankan bisnis internet online tidak mesti jam kerja tapi bisa kapan saja baik siang maupun malam karena transaksi pembeli dan penjual dilakukan secara online jadi bisa kapan saja dan posisi dimana saja asal terkoneksi dengan internet

Transaksi simpel

Pada bisnis internet online transaksi cukup dilakukan melalui internet banking jadi bisa transfer uang dan mengecek uang yang masuk ke rekening dimana saja dan kapan saja.

Pengiriman mudah

Pengiriman produk pada bisnis internet online ada dua jenis,
1) produk berupa software atau data dikirim via email, dan
2) produk berupa barang dilakukan melalui jasa pengiriman barang yang sudah tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

Tinggalkan Balasan