BERBAGI

Dalam menjalani sebuah bisnis tentu orang-orang dalam hal ini karyawan yang terlibat dalam sebuah pekerjaan dalam bisnis bisnis tersebut menginginkan kepuasan kerja. Seseorang  karyawan yang memperoleh kepuasan kerja akan bekerja dengan lebih giat, semangat, disiplin, bahkan akan menunjukan kinerja terbaiknya. Kepuasan kerja dibangun oleh faktor-faktor yang mendukungnya. Lalu bagaimanakah cara meningkatkan produktivitas kerja dan Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan ?

Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan
Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi dan mendukung kepuasan kerja diantaranya sebagai-berikut:

1. Penempatan pada posisi yang tepat

Orang-orang yang berada pada posisi yang tepat dalam pekerjaan atau dalam suatu bisnis yang dijalankan akan sangat bersemangat untuk bekrja karena mereka merasa mampu untuk melakukan pekerjaan yang terbaik sesuai dengan keahlian atau kecakapan yang mereka miliki.

Seseorang yang tidak cakap dalam menjual barang misalnya ditempatkan pada bagian penjualan, maka pertama ia akan menghadapi tekanan karena sebelum ia menjual barang ia akan berupaya keras melawan perasaannya yang merasa tidak mapu untuk tugas tersebut.

Karena suatu keterpaksaan ia menjalani tugas tersebut. Memang kalau di asah sedikit demi sedikit nanti ia akan terbiasa dan akan mampu untuk menjual barang, namun kalau sifatnya urgen atau pekerjaan itu merupakan pekerjaan pokok yang sangat mempengaruhi hasil bisnis secara keseluruhan maka penempatan orang yang tepat dalam pekerjaan sangat dibutuhkan agar hasilnya efektif.

Baca Juga:  Tips Sukses Berjualan di Marketplace

Orang yang cakap dalam menjual ketika ia dihadapkan pada tugas tersebut ia akan segera tahu bagaimana memikat konsumen dan menjual produknya serta mendatangkan keuntungan yang optimal.

2. Berat ringannya pekerjaan sesuai kemampuan

Berat ringannya pekerjaan sangat menentukan kepuasan kerja. Pekerjaan yang dirasa berat mungkin akan menjadi beban bagi pekerja atau karyawan, namun kinerja setiap orang berbeda adakalanya suatu pekerjaan dirasakan berat oleh seseorang namun oleh orang lainnya dirasakan ringan, hal ini tergantung juga kepada kecakapan atau kemampuan teknis maupun non teknis yang dimiliki seseorang.

Pekerjaan yang mencapai standar kelayakan dapat dilakukan oleh orang-orang secara umum dan dapat terukur memungkinkan setiap orang yang mengerjakannya akan mencapai kepuasan kerja. Selain itu cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan dipengaruhi juga oleh suasana dan lingkungan pekerjaan.

Cara Meningkatkan produktivitas Kerja Karyawan

3. Suasana dan lingkungan pekerjaan

Suasana lingkungan yang hangat, nyaman dan mendukung pekerjaan akan makin meningkatkan semangat dan berujung kepada kepuasan kerja. Kondisi seperti ini dapat diciptakan dengan membenahi sikap orang-orang yang bekerja ditempat tersebut.

4. Sarana dan prasarana yang menunjang

Pekerjaan yang dilakukan dengan sarana yang mencukupi untuk keberhasilan pelaksanaan kerja akan makin memuaskan para pekerja dibanding dengan bekerja tanpa didukung dengan sarana yang menunjang. Namun hal ini akan berbeda pada tipe orang tertentu yang akan tetap bekerja dengan baik walaupun dengan sarana yang minimum, tentu tipe orang semacam ini sangat jarang.

Baca Juga:  Cara Menentukan Harga Sebuah Produk (Pricing)

5. Sikap pimpinan

Sikap pimpinan yang peduli, partisipatif dan mau mendengar pendapat ataukeluhan bawahannya kan makin meningkatkan partisipasi dari bawahan sehingga mereka makin semangat yang berdampak pada kepuasan kerja yang mereka lakukan.

kepuasan kerja

6. Balas jasa yang layak dan adil

Balas jasa yang dirasa kurang layak untuk pekerjaan tertentu atau keadilan yang dirasa kurang untuk pekerjaan yang dilakukan dibanding balas jasa yang diperoleh oleh bagian atau pekerjaan lain sangat mungkin terjadi. Hal ini akan berdampak pada kurang semangatnya karyawan untuk menunjukan kinerja terbaiknya.

Sebaiknya hal ini dapat dikomunikasikan agar segala pekerjaan dan tugas-tugas penting perusahaan atau tugas bisnis yang vital dapat dikerjakan dengan baik tanpa menghambat peroses kerja pada lingkungan internal perusahaan.

Demikian informasi mengenai Cara meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Semoga setelah membaca artikel ini kita menjadi lebih paham bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan kita dengan maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.