BERBAGI

Karyawan yang memiliki harapan yang tinggi ketika bekerja pada suatu perusahaan atau instansi, namun harapan itu belum juga terwujud biasanya akan berdampak pada kurang gairah kerja atau hilangnya semangat kerja dan berdampak luas pada tidak adanya kepuasan kerja. Kepuasan kerja yang tidak terwujud akan mengakibatkan stress pada karyawan. Keadaan ini akan berdampak buruk terhadap kinerja organisasi atau perusahaan bersangkutan. Lalu bagaimanakah cara mengatasi stress pada karyawan?

Baca juga : Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

cara mengatasi stress pada karyawan

Stress yang terjadi pada karyawan umumnya terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesulitan atau beban kerja yang dianggap melebihi batas kemampuan karyawan, sikap pimpinan yang menekan dan dinilai kurang adil, waktu kerja yang dinilai tidak wajar, konflik internal perusahaan antara pribadi dengan pimpinan, balas jasa dinilai terlalu rendah, masalah-masalah diluar pekerjaan yang mempengaruhi kinerja di perusahaan.

Masalah-masalah yang terjadi pada karyawan dan tidak segera diselesaikan akan berdampak stress pada karyawan tersebut. Cara mengatasi stress pada karyawan diantaranya:

1. Beban kerja atau kesulitan yang dirasakan karyawan harus sudah diketahui oleh para pimpinan perusahaan, inilah pentingnya menerapkan standar operasi yang merupakan prosedur yang resmi yang harus dijalankan oleh karyawan. Prosedur tersebut sudah diteliti dan diuji oleh para ahli bahwa prosedur tersebut terukur dan dapat dijalankan oleh seluruh karyawan juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi dalam pekerjaan dalam arti sesuai dan mendukung keselamatan kerja karyawan.

Baca Juga:  Cara Cepat Menarik Pelanggan Baru

2. Peran pimpinan harus partisipatif dalam arti harus mau mendengarkan keluhan karyawan serta membantu memecahkan kesulitan-kesulitan yang dialaminya dalam pekerjaan. Pimpinan yang mendukung karyawannya akan membuat karyawan senang dalam bekerja dan akan timbul semangat kerja dan lebih dari itu mereka akan memberikan kinerja terbaiknya pada perusahaan tersebut.

3. Waktu kerja yang terlalu lama akan menyebabkan kejenuhan serta kekuatan fisik setiap karyawan tidak sama. Karyawan yang terlalu lama bekerja dan fokus pada pekerjaannya sudah hilang dalam waktu lama dan terus menerus akan menyebabkan stress. Pengaturan waktu kerja dalam perusahaan mutlak diperlukan, hal ini berhubungan dengan tingkat konsentrasi dalam pekerjaan, dengan konsentrasi dan keteraturan waktu yang baik akan menyebabkan pekerjaan bagus dan tidak mendapatkan hambatan berarti.

cara mengatasi stress

4. Konflik internal dalam perusahaan merupakan hambatan yang dapat mengganggu jalannya pekerjaan. Konflik internal akan menyebabkan tidak nyaman dalam bekerja sehingga berpengaruh pada kinerja dan tingkat kepuasan kerja, hal ini akan memicu stress pada karyawan. Pimpinan yang memiliki konflik harus segera membicarakan masalah tersebut dan memberskannya dengan berbagai fihak yang terkait demi kelancaran pekerjaan dan kemajuan perusahaan. Dengan hilangnya konflik internal akan tercipta kebersamaan dan kekompakan dalam kerja sehingga memugkinkan perusahaan siap untuk menghadapi tantangan yang lebih besar pada lingkungan eksternal seperti tantangan persaingan, tantangan perubahan dan lainnya.

Baca Juga:  Cara Mudah Stop Autoplay Video Facebook

5. Balas jasa merupakan kewajiban perusahaan yang harus dibayarkan kepada karyawan karena mereka sudah bekrja dengan sebagaimana mestinya diperusahaan tersebut. Balas jasa hendaklah dibicarakan dengan karyawan dan melihat situsi lingkungan industry seperti melihat pada upah minimum regional pada suatu daerah misalnya. Dengan balas jasa yang layak pada setiap karyawan akan memungkinkan mereka bekerja dengan baik dan semangat.

6. Masalah pribadi yang terbawa ke tempat kerja merupakan masalah yang cukup serius bagi perusahaan karena tetap akan menurunkan kinerja karyawan yang berdampak menurunkan kinerja perusahaan. Pimpinan sebaiknya bisa melakukan pendekatan dengan karyawan yang bermasalah kalau memungkinkan bisa mendatangkan tenaga konseling perusahaan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang menimpa karyawan tersebut sehingga ketika masalah dapat terpecahkan maka kinerja karyawan akan baik kembali.

Hal inilah berbagai cara mengatasi stress pada karyawan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan