BERBAGI

Apakah kamu sudah mendaftar di tokopedia? buat kamu yang belum bergabung di tokopedia yang merupakan situs marketplace terbesar di Indonesia. Kamu bisa mendaftar di tokopedia.com, kamu tidak tahu caranya? sebelumnya saya juga telah menulis artikel bagaimana Cara Berjualan di Tokopedia yang pastinya dijelaskan juga bagaimana cara untuk bergabung atau membuka toko online di tokopedia.

Setelah kamu bergabung di tokopedia, kamu telah bisa memulai memposting sebuah produk yang ingin kamu jual di tokopedia. Lalu, bagaimanakah cara memposting produk di tokopedia. Kali ini saya kana memberikan panduan posting produk di tokopedia.

cara menambahkan produk tokopedia

Langkah pertama yaitu masukkan produk-produk yang mau kamu jual dengan klik “Tambah Produk” di menu “Toko Saya”. Bisa juga dengan klik “Toko” Tombol Toko Saya di header menu, lalu pilih “Tambah Produk”.

cara memposting produk tokopedia

Nah, ketika kamu sudah klik Tambah Produk. Maka selanjutnya kamu bisa mengisi semua informasi tentang produk dengan benar dan lengkap, seperti:

– Nama Produk
– Kategori produk
– Deskripsi produk
– Berat produk
– Harga produk
– Foto produk

Setelah itu, klik “Simpan”, atau “Simpan & Tambah Baru” untuk menambah produk-produk baru lainnya. Mudah bukan?

Perlu diketahui oleh kamu bahwa semua produk yang kamu upload harus memenuhi ketentuan upload produk yang sudah kami tetapkan oleh pihak tokopedia. Mulai dari konten dan jenis barang yang diperdagangkan tidak boleh melanggar syarat dan ketentuan dari tokopedia. Lalu apa sajakah syarat dan ketentuan berjualan di tokopedia? Ini saya kutip dari situs tokopedia

Konten

  1. Dalam menggunakan layanan Situs Tokopedia, Pengguna dilarang untuk menggunakan konten yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan/menyudutkan orang lain, bahasa vulgar/seksual, dan bersifat ancaman.
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Penguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Tokopedia, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
  5. Ketika Pengguna menggungah ke Situs Tokopedia dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Tokopedia hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Tokopedia.
  6. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Tokopedia. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Tokopedia.
  7. Tokopedia menyediakan fitur “talk about it” untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
  8. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan up-to -date, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Tokopedia bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
    kembali ke atas

Jenis Barang

Panduan Posting Produk di Tokopedia untuk jenis barang yang dilarang untuk diperdagangkan di Situs Tokopedia:

  1. Segala jenis kosmetik, obat – obatan termasuk obat – obatan terlarang sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, terutama obat dan zat lain, terlepas dari apakah kepemilikan dan pemasaran zat dan bahan kimia tersebut dilarang oleh hukum atau tidak, obat – obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, makanan, dan minuman yang membahayakan kesehatan dan keselamatan penggunanya, serta tanpa izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Media berbentuk CD/DVD/VCD, atau media rekam lain yang bertentangan dengan undang-undang hak cipta. Termasuk di dalamnya adalah yang memuat film, musik, permainan, atau perangkat lunak bajakan.
  3. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjual belikan oleh peraturan hukum yang berlaku.
  4. Minuman beralkohol.
  5. Iklan.
  6. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
  7. Pakaian dalam bekas.
  8. Senjata api, senjata tajam, dan segala macam senjata.
  9. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  10. Seragam pemerintahan.
  11. Bagian/Organ manusia.
  12. Mailing list dan informasi pribadi.
  13. Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
  14. Pestisida.
  15. Atribut kepolisian.
  16. Barang hasil tindak pencurian.
  17. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
  18. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  19. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
  20. Hewan.
  21. Uang tunai.
  22. Perlengkapan dan peralatan judi.
  23. Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
  24. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan lansung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
  25. Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.
  26. Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Banyak sekali barang dan produk yang tidak boleh kamu jual di tokopedia dan kamu harus memperhatikan list barang yang tidak boleh dijual di tokopedia ya. Apabila kamu melanggar tentunya akan ada sanksi, kemungkinannya kamu tidak bisa berjualan lagi di tokopedia. Dan yang lainnya yang perlu diperhatikan adalah konten dari sebuah produk tidak boleh dilanggar juga.

Sekian informasi mengenai Panduan Posting Produk di Tokopedia semoga dengan informasi ini kamu bisa menjadi lebih tau mengenai cara membuat iklan produk di tokopedia sehingga kamu bisa memasarkan produk yang kamu jual dengan baik, aman dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh tokopedia.

Sumber & Referensi artikel diambil dari situs tokopedia.com

Baca Juga:  Alasan Mengapa Penjual Gagal Menjual Produk

Tinggalkan Balasan