BERBAGI

Pengembangan karir biasanya dibuat oleh manajemen SDM agar karyawan atau orang-orang yang telah mapan bekerja pada perusahaan atau organisasi bisnis dan menunjukkan prestasi serta dedikasi yang layak dapat meningkatkan posisi dan kedudukannya dan memikul tanggung jawab yang lebih besar lagi. Bagaimana Cara Untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan?

Baca juga : Cara Efektf Melaksanakan Pelatihan untuk SDM

Pengembangan karir walaupun pola dan sistemnya dibuat oleh MSDM namun orang yang bersangkutan memang harus mampu bertanggung jawab atas naiknya posisi atau kedudukannya dalam perusahaan, lembaga atau organisasi bisnis tersebut. Keinginan untuk mengembangkan karir serta mampu untuk bertanggungjawab dengan kedudukan barunya merupakan esensi yang fundamental dari pengembangan karir. Esensi tersebut terlahir dari hati nuraninya sendiri untuk dapat berkembang dan makin meningkatkan sikap bertanggungjawab terhadap pekerjaannya.

cara mengembangkan karir di perusahaan

Cara untuk mengembangkan karir diantaranya sebagai berikut:

1. Memiliki prestasi kerja yang baik dan memuaskan berbagai pihak

Pengembangan karir baik di perusahaan, instansi pemerintah, maupun organisasi bisnis dapat dilakukan dengan syarat yang utama bahwa orang yang dipromosikan untuk menaiki jenjang yang lebih tinggi telah terkenal kinerjanya dan ia telah memiliki prestasi kerja yang baik dan diakui oleh semua pihak. Dengan meniti karir melalui peningkatan prestasi kerja akan memuluskan jalan baginya untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Pengembangan karir pada pokoknya merupakan pengembangan bentuk tanggung jawab seseorang terhadap pekerjaannya dan terhadap organisasi atau instansi dimana ia bekerja. Prestasi kerja merupakan bukti nyata bahwa ia bekerja dengan baik dan bertanggung jawab selama ini. Ketika prestasi kerja sudah diakui oleh berbagai pihak di tempatnya bekerja maka secara otomatis ia dikenal sebagai orang yang bertanggungjawab, bila sudah demikian maka peningkatan karir sebagai bentuk peningkatan tanggung jawab yang sudah ia miliki sebelumnya maka akan semakin mudah baginya untuk mencapai karir tersebut.

Baca Juga:  Fitur Gratis VM/VPS dari Koding.com untuk Menunjang Web Development

2. Dianggap layak oleh pihak lain

Seseorang yang memiliki tanggung jawab terhadap pekrjaannya serta memiliki prestasi kerja yang tinggi adakalanya tidak dikenal oleh orang lain terutama oleh atasannya. Proses selanjutnya setelah mengembangkan tanggungjawab dengan adanya prestasi kerja maka ia harus dikenal oleh atasannya sehingga orang yang mengenalnya ketika mengetahui kinerjanya maka ia akan dianggap layak oleh pihak lain terutama oleh atasannya. Seyogyanya orang yang melakukan pengembangan karir harus berperan aktif pada bidang-bidang sosial misalnya sehingga ia dikenal luas dilingkungan tempatnya bekerja. Dengan berprestasi, selanjutnya ia dikenal oleh pihak atasan maka ia akan dianggap layak oleh atasan dan mungkin ia akan segera mendapat promosi untuk baik ke jenjang yang lebih tinggi.

cara mengembangkan karir

3. Dedikasi dan loyalitas pada organisasi

Prestasi kerja dan dianggap layak oleh orang lain terutama atasan terkadang akan menjadi boomerang baginya ketika ia tidak benar-benar mendedikasikan dirinya untuk loyal dan merupaya mengembangkan perusahaannya. Ketiga faktor prestasi, dianggap layak dan loyalitas merupakan faktor-faktor penentu seseorang dapat mengembangkan karir ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Ide Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan Keuntungan Besar

4. Dukungan bawahan

Setelah faktor penentu ia peroleh untuk mengembangkan karir ia memerlukan dukungan bawahan agar citranya mengakar kuat di bawah sehingga dukungan atkan terus mengalir dari berbagai pihak yang membuka akan makin peluang untuk meraih jenjang karir yang diharapkan.

Inilah yang dapat kamu terapkan untuk mengembangkan karir di suatu perusahaan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.