BERBAGI

Bisnis UKM Kreatif – UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil hingga menengah. Bisnis UKM ini sangat sesuai untuk anda yang masih pemula dalam merintis sebuah usaha. Meski dengan modal yang tak terlalu besar, anda bisa dapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Apabila anda tertarik ingin mencoba bisnis UKM, ada baiknya anda memilih usaha yang unik. Dalam hal ini, anda bisa memilih bisnis UKM kreatif. Biasanya usaha yang unik dan kreatif mampu mengundang rasa penasaran masyarakat. Alhasil, anda bisa mendapatkan pelanggan dalam waktu cepat.

Bisnis UKM Kreatif

Berikut ini adalah beberapa bisnis UKM kreatif yang bisa coba anda jalankan selengkapnya.

1. Bidang Kuliner

Mengingat semua orang butuh makan untuk hidup, bisnis di bidang kuliner terbukti menjanjikan. Prospek yang baik dalam menjalankan bisnis UKM di bidang kuliner ini pastinya menjadi daya tarik tersendiri. Adapun beberapa contoh bisnis UKM kuliner ini diantaranya yaitu jualan catering, jualan bakso, jualan gorengan, maupun warung tenda.

Jangan lupa untuk memberikan sentuhan kreatifitas supaya bisa lebih menarik banyak pelanggan. Misalnya dengan menghadirkan kuliner dengan rasa yang tak biasa. Selain rasa, sisi kreatifitas juga bisa anda tunjukkan dalam tampilan kuliner yang anda tawarkan.

Baca Juga:  Peluang Usaha Kebab Turki yang Menggiurkan untuk Ditindaklanjuti

2. Aksesoris

Anda dapat menciptakan produk aksesoris unik hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan sisa. Adapun bahan-bahan sisa tersebut seperti halnya tali, manik-manik, serta bahan tambahan lainnya. Bisnis kreatif ini tentu saja tidak membutuhkan modal yang besar, namun memerlukan keterampilan khusus.

Dari bahan manik-manik tersebut mungkin anda bisa membuat kalung, gelang, maupun aksesoris lainnya yang cukup unik serta disukai banyak orang. Peluang usaha kreatif seperti ini tak terlalu banyak dilirik oleh pengusaha. Maka dari itu, anda bisa memulainya.

3. Bengkel

Bisnis UKM lainnya ialah menjalankan usaha di bidang otomotif, seperti membuka bengkel. Mengingat setiap orang memiliki kendaraan, maka usaha ini terbukti sangat menjanjikan. Bengkel kendaraan ini bisa melayani service kendaraan, tambal ban, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan usaha ini, anda memerlukan skill khusus dan terlatih. Jika tidak, anda bisa merugikan pelanggan. Hal ini jelas menimbulkan komplain atau bahkan anda diharuskan untuk ganti rugi. Apabila anda tidak memiliki skill dalam bidang ini, anda bisa merekrut karyawan untuk membantu anda.

Baca Juga:  Hidup di Desa Dengan Penghasilan Kota? Ini Dia Caranya

4. Perabotan Rumah Tangga

Dengan modal kecil, anda sebenarnya juga bisa membuka usaha dengan menjual perabotan rumah tangga. Untuk menekan biaya produksi, anda tak harus menggunakan bahan berkualitas. Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tak terpakai ataupun bahan yang murah sekalipun.

Adapun salah satu barang bekas yang bisa anda manfaatkan ialah drum atau ban bekas. Drum atau ban bekas bisa anda sulap menjadi bangku atau meja yang menarik. Dibandingkan dibiarkan tak berguna, barang bekas bisa diolah menjadi karya kreatif yang bernilai serta memiliki nilai seni.

Selain itu, perabotan rumah tangga juga bisa anda buat dari rotan. Anda dapat memperoleh omzet hingga jutaan rupiah tiap bulannya dengan memproduksi peralatan rumah tangga dari rotan. Selain perabot rumah tangga, rotan juga bisa diolah menjadi tempat baju, tas, keranjang, dan lain sebagainya.

5. Rajutan

Bisnis rajutan termasuk usaha kreatif yang hanya membutuhkan modal kecil. Dalam menjalankan usaha ini, anda harus memiliki kemampuan menjahit yang baik. Tak perlu dengan bahan mahal, anda bisa memanfaatkan benang-benang sisa dalam membuat barang-barang rajutan tersebut.

Tinggalkan Balasan