BERBAGI

Di zaman sekarang ini transaksi online sudah menjadi trend dan gaya hidup khususnya bagi masyarakat perkotaan. Tidak heran bisnis online semakin menjamur dan banyak orang terjun dibisnis ini.

Mulai anak muda hingga yang tua banyak yang menggeluti usaha online. Sebagian menjadikannya sebagai usaha sampingan, sebagian lagi menjadikannya sebagai mata pencaharian utama dalam mendapatkan penghasilan.

Model Bisnis Online Yang Paling Populer

Nah jika anda tertarik untuk memulai berbisnis online tidak ada salahnya anda untuk menyimak beberapa model bisnis online paling populer dibawah ini.

1. Menjual Produk/Jasa Online

Menjual produk atau jasa secara online merupakan model bisnis yang sudah dikenal luas oleh banyak kalangan.

Model bisnis ini dijalankan dengan menjual barang dagangannya baik produk maupun jasa melalui online, seperti menggunakan media sosial populer saat ini (Instagram, Twitter, Facebook, BBM, WA, Path, dsb.).

Selain menggunakan sosial media bisa juga menggunakan website pribadi (mungkin bisa juga berbentuk blog) atau dengan memanfaatkan situs jual-beli online seperti Tokopedia, OLX, BukaLapak, dll. Situs jual beli ini lazim juga disebut dengan istilah marketplace.

Baca Juga: Tips Sukses Berjualan di Marketplace

Banyak keuntungan yang didapatkan dengan menjalankan model bisnis ini. Salah satunya yaitu bisa menghemat biaya operasional khususnya biaya iklan/pemasaran.

Dengan online promo produk jadi kian murah bila dibanding pemasaran secara offline. Poin paling penting menjual produk secara online, kita tidak membutuhkan modal yang relatif besar ketika merintis usaha ini.

2. Menjadi Publisher Iklan

Model bisnis online ini sangat cocok dijalankan terutama bagi kita yang memiliki kegemaran menulis. Di bisnis ini kita tidak menyediakan produk atau jasa apapun untuk diperjual-belikan. Kita hanya menggunakan website/blog yang kita miliki untuk memasang iklan-iklan dari para pengiklan.

Tetapi tentu kita harus memiliki website yang bisa mendatangkan banyak pengunjung untuk bisa bergabung dengan jaringan iklan populer seperti AdSense milik Google.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Les Privat sebagai Peluang Usaha Mahasiswa?

Adsense merupakan jaringan iklan dengan sistem PPC atau pay per click, artinya setiap ada yang mengklik iklan di website/blog anda, maka advertiser akan membayar setiap kliknya. Bayaran setiap kliknya pun bervariasi mulai dari $0,01 sampai $5 bahkan bisa lebih. Wah sangat menggiurkan, bukan?

Perlu ditekankan bahwa model bisnis ini merupakan bisnis yang membutuhkan kesabaran dan keuletan yang lebih. Artinya bisnis ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan bisnis utama apalagi ketika anda memulai merintis menjadi seorang publisher iklan online.

Kunci bisnis model ini adalah anda harus mengelola website atau blog dan tentunya anda harus gemar menulis, karena kunci dari bisnis ini adalah menulis, tidak boleh tidak.

3. Layanan Berlangganan

Hal yang membedakan model ini dengan bisnis model lainnya adalah sistem pembayarannya berlangganan, bisa perbulan atau pertahun.

Jenis layanan berlangganan beragam bentuknya, biasanya berbentuk produk atau jasa. Seperti jurnal penelitian, majalah digital, software atau aplikasi dan berbagai bentuk produk atau jasa berbayar lainnya.

Sasaran dari model bisnis ini pun beragam, mulai dari mahasiswa yang berlangganan jurnal akademisnya, anak-anak yang mengikuti kursus online, para pengusaha hingga para gamers dan user pengguna aplikasi lainnya.

Model bisnis ini cocok untuk kita yang memiliki produk sendiri, seperti pembuat aplikasi, penyedia jasa pendidikan serta jasa konsultasi SEO misalnya.

Layanan berlangganan juga menjadi salah satu jalan bagi kita yang menginginkan penghasilan rutin baik bulanan maupun pertahun.

Tentu para IT dan sederet pengusaha online sudah mulai banyak yang melirik model bisnis ini sebagai sebuah peluang usaha.

4. Affiliate Marketing/CPA/Refferal

Model Affiliate Marketing / refferal ini khusus dirancang bagi kita yang gemar mempromosikan produk orang lain dengan menggunakan website atau blog pribadi.

Affiliate Marketing/CPA/Refferal adalah model bisnis yang tepat bagi para pemula karena kita hanya bertindak sebagai makelar.

Baca Juga:  Bisnis online Yang Menguntungkan Paling Tepat Untuk Para Pemula

Salah satu keuntungan menjadi seorang Affiliate Marketing adalah kita bisa mendapatkan penghasilan dan kita tidak harus mempunyai produk atau jasa yang harus diperdagangkan.

Selain itu, dengan menjalankan model bisnis ini kita tidak lagi dipusingkan memikirkan laba dan modal untuk membuat suatu produk.

Tugas kita hanya mempromosikan suatu produk dan kita akan mendapatkan presentase penghasilan setiap ada penjualan melalui link yang kita promosikan.

5. Model Startup

Startup bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya usaha rintisan. Dalam dunia bisnis startup khusus disematkan untuk sebuah bisnis rintisan produk / jasa digital.

Secara spesifik startup ini dimaksudkan untuk sebuah bisnis yang baru dirintis tetapi model, sistem dan prosesnya benar-benar baru, bisa dikatakan tidak ada bisnis yang semacam ini sebelumnya.

Aplikasi Go-jek merupakan salah satu contoh dari model ini. Sebuah konsep bisnis online yang baru dengan pemikiran yang out of the box dan penuh inovasi.

Sebenarnya model bisnis ini bisa dikatakan tidak membutuhkan modal besar tetapi sebagai konsekuensinya kita harus bisa mencari investor yang mau mendanai bisnis yang ingin kita rintis.

Untuk mendapatkan investor kuncinya adalah berfikir secara “beda” atau out of the box dan tentu harus mampu dalam meyakinkan investor untuk mendanai startup kita.

Selain Gojek, startup lainnya yang sukses dan banyak memberi manfaat bagi masyarakat adalah situs jual beli online, bukalapak.com dan tokopedia.com

Kalau anda ingin mencoba untuk memulai bisnis startup model ini anda harus berfikir keras, siap menghadapi tantangan  dan harus memiliki ambisi untuk “mengubah dunia” lewat teknologi inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Nah itulah 5 Model bisnis online paling populer. Semoga menjadi referensi dan menginspirasi siapa saja yang ingin memulai usaha secara online.

Tinggalkan Balasan