BERBAGI

Bisnis internet online dapat dilakukan dengan baik setelah terlebih dahulu dimulai dengan membuat perencanaan bisnis online di internet kemudian menentukan produk yang akan dijadikan bisnis dan akan dikembangkan.

Penentuan produk yang akan dikembangkan merujuk kepada trend juga pasar yang tersedia dan bisa menyerapnya, terutama segmen pada pasar online di internet. Setelah produk ditentukan maka kelanjutan proses bisnis online adalah membuat website yang akan dijadikan toko untuk memasarkan produk tersebut.

Baca juga : Cara Menentukan Harga Produk / Jasa

Website bisnis yang baik akan memiliki kriteria sebagai berikut:

5 Kriteria Website Bisnis Online Yang Baik

1. Website memiliki desain yang menarik

Desain website untuk kepentingan bisnis online harus dibuat eksklusif dan berbeda dengan website lainnya agar pengguna bisa tahu dan bisa membedakan website Anda dengan website lainnya. Selain itu tampilan website harus dibuat semenarik mungkin dimana secara psikologis pelanggan akan betah berada diwebsite Anda.

Tampilan yang menarik sangat penting terutama akan mengesankan pengunjung ketika pertama kali membuka website Anda. Dengan kesan yang baik dan merasa nyaman ketika menggunakannya maka bisnis online yang dijalankan akan mudah berhasil karena calon konsumen yang nyaman menggunakan website akan dengan mudah membeli produk yang ditawarkan dan sesuai dengan kebutuhan mereka

Baca Juga:  Cara Membuat Toko Online Lewat Instagram

2. Website dapat dijadikan media yang interaktif

Website yang dirancang untuk bisnis online harus menjadi media yang bersifat interaktif dengan konsumen, karena website yang interaktif dan dapat dijadikan media komunikasi oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka akan sangat menarik bagi mereka sehingga mereka bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan disertai informasi yang jelas, kenyamanan dan ada rasa aman karena mereka dapat selalu terhubung secara online dengan Anda.

Konsumen akan merasa khawatir manakala ia membutuhkan produk dan harus membeli dengan mentransferkan uang terlebih dahulu sementara website tempat membeli atau tempatnya transaksi tidak interaktif bahkan tidak dapat melakukan komunikasi dua arah. Website interaktif dibutuhkan konsumen untuk menanyakan produk, menanyakan sistem pembayaran dan sistem pengiriman serta konfirmasi saat barang sudah dikirim.

Tahapan Membangun Bisnis Internet Online

3. Website terfokus pada bisnis yang dijalankan dan dapat mempresentasikan produk dengan baik

Website bisnis yang baik selain interaktif juga fokus pada bisnis yang sedang dijalankan atau pada produk yang dijual. Konsumen yang menginginkan informasi produk lebih banyak akan mendapatkannya dengan mudah, cepat dan tidak bertele-tele karena segala sesuatu menyangkut produk yang dijual dikupas secara fokus, tajam dan to the point.

Baca Juga:  Beneran Gak Sih 101red.com ? Review Website by Hendra Suherman

Hal ini sangat berguna terutama bagi konsumen yang membutuhkan informasi secara cepat karena waktu mereka untuk membuka website tidak bisa lama dikarenakan kesibukan mereka. Dengan presentasi produk yang sederhana, fokus pada masalah yang dibahas dan terstruktur dengan baik akan membuat konsumen memperoleh cukup informasi dalam waktu yang singkat, dan kemungkinan untuk bertransaksi jadi makin besar karena konsumen sudah faham dengan berbagai hal menyangkut bisnis tersebut dan sistem transaksinya.

4. Website bisnis mudah digunakan oleh bergagai golongan pengguna internet

Website bisnis yang baik akan sangat mudah penggunannya walaupun digunakan oleh orang yang awam atau konsumen yang baru mengenal internet atau baru bisa browsing dan lainnya. Hal ini penting karena masih banyaknya pengunjung website yang belum begitu mahir keluar masuk link untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan melakukan transaksi.

menjamin keamanan website

5. Keamanannya terjamin

Website bisnis harus mengutamakan jaminan keamanan dari hacker atau jaminan keamanan transaksi terutama transaksi menggunakan kartu kredit dimana nomor id pengguna terhubung dengan sistem informasi administrasi antara admin toko online dengan admin bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Keamanan harus diperhatikan dengan serius agar terjadi kenyamanan dalam berbisnis dan bertransaksi secara online.

Tinggalkan Balasan