BERBAGI

Saat ini  peran media sosial tidak dapat dipungkiri menjadi sebuah senjata ampuh untuk memasarkan sebuah produk atau layanan jasa. Ya, dengan banyaknya orang yang menggunakan facebook, pemasaran via facebook merupakan sebuah cara yang sederhana tetapi sangat efisien dan efektif dalam mendongkrak penjualan.

Nah berikut ini akan dibahas beberapa langkah praktis bagaimana cara mengoptimalkan bisnis anda di facebook.

1. Temukan page di facebook milik brand saingan Anda

Cara terbaik dan tercepat ketika memanfaatkan facebook sebagai media pemasaran adalah dengan melihat dan meniru cara apa yang efektif dan digunakan oleh kompetitor atau ompetitor kita pada  bidang industri yang sama yang akan Anda iklankan.

Bagaimana caranya? Simak caranya dibawah ini:

a) Di kolom pencarian facebook ketiklah kalimat berikut “pages about [industry] that are liked by my friends”.

Dengan cepat facebook dapat menampilkan beberapa page dalam topik yang Anda masukkan. Page yang ditampilkan tersebut merupakan page yang tergolong populer dan sering dikunjungi oleh orang lain.

b) Klik “see more”, maka page yang ditampilkan tersebut merupakan saingan Anda.

Yang harus Anda lakukan dalam tahap ini adalah mencari sebanyak mungin page yang mirip dengan bisnis Anda. Carilah yang banyak followernya dan mempunyai banyak like, komentar, dan share.

Setelah selesai, pelajarilah beberapa kriteria berikut:

  • Postingan seperti apa yang mempunyai banyak like
  • Jam berapa postingan yang mendapat banyak like
  • Seberapa sering mereka menerbitan postingan yang baru, misalnya dalam seminggu hanya menerbitkan 3 postingan saja.
  • Perhatikan foto, cover, dan kelengkapan profil produk lainnya
  • Dan lain-lain, masih banyak yang harus Anda pelajari.

Saat Anda akan membuat iklan nanti, Anda dapat menargetkan orang-orang yang me-like page saingan-saingan anda tersebut. Dengan demikian, iklan yang Anda buat akan tepat sasaran, lebih efektif, dan lebih murah.

2) Buatlah Page yang Menarik

Fan Page yang akan Anda buat ibaratkan seperti sebuah toko. Kalau tokonya bagus dan menarik, tentu akan banyak yang datang ke toko anda. Namun sebaliknya jika tokonya standar dan biasa-biasa saja, maka jangan banyak berharap toko anda akan kedatangan banyak pengunjung. Nah untuk itulah, ikutilah tips-tips berikut ini:

a) Buatlah sebuah facebook page. Lalu pilihlah kategori yang tepat dan cocok dengan bisnis Anda. Untuk manambah wawasan, tidak ada salahnya jika Anda melihat kategori dari fan page- fan page saingan yang tadi telah Anda temukan.

b) Masukkan nama brand Anda

Untuk menamai page Anda gunakanlah nama brand Anda dalam 2-3 kata saja, pisahkan dengan spasi, tidak perlu lebay, dan jangan menggunakan jenis produk layanan sebagai nama page (misal: kontraktor gedung sekolah).

Lengkapi profil Anda

Ikutilah beberapa tips berikut ini untuk melengkapi profil Anda.

  • Profil picture : pasanglah gambar profil dengan logo brand Anda dan usahakan foto tersebut memiliki resolusi tinggi, jangan pernah menggunakan gambar buram sebagai profil picture karena itu bisa membuat toko anda terlihat kurang professional dimata konsumen.
  • Cover : gunakan gambar yang menarik dan unik dengan resolusi yang tinggi, jika memungkinkan desainlah gambar itu sendiri, jangan gunakan sembarang gambar dari hasil searching di mesin pencari
  • About : jelaskan mengenai produk Anda dengan singkat, padat, jelas, dan menarik. Jangan bertele-tele. Lengkapi semua informasi di tab info dengan selengkap-lengkapnya.

Ketika fan page Anda sudah jadi, maka facebook secara otomatis akan meminta langsung untuk memposting iklan. Jangan terburu-buru. Belum saatnya! Namun Anda boleh memasukkan data target pembeli dari sekarang.

Baca Juga:  Cara Membuat Toko Online Lewat Instagram

3. Ketahui dan tentukan target pembeli

Bagi Anda yang telah lama berkecimpung dalam dunia pemasaran, pasti sudah tahu dan mengerti bahwa menargetkan satu kalangan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menargetkan banyak kalangan. Karena akan terlalu sulit untuk membuat strategi iklan yang dapat mencapai semua kalangan (dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua).

Selain itu, kesalah fatal yang paling sering ditemui dalam facebook marketing adalah dalam penggunaan bahasa yang tidak cocok untuk target pembeli.

Misal: sebuah bisnis yang menawarkan produk berupa alat pijat refleksi elektronik dengan target pasar untuk kalangan usia 40 tahun ke atas.

Namun, dalam postingannya mereka menggunakan bahasa yang tidak cocok untuk kalangan 40 tahun ke atas, misalnya menggunakan bahasa gaul, menyelipkan gambar kartun, dan lain-lain.

Cara yang baik tentu kita harus mengenali terlebih dahulu target pasar dari produk yang kita jual. Yaitu dengan melirik brand saingan Anda. Caranya ketikkanlah kata kunci “interest liked by people who like [nama fan page saingan anda]”. Maka dengan cepat facebook akan menampilkannya sesuai dengan permintaan anda.

Misal yang muncul adalah seperti ini: orang-orang yang Anda targetkan adalah orang yang suka voli, rajin beribadah, sayang orang tua, suka melukis, dan belajar sikologi. Nah jika anda membuat konten yang membahas hal-hal yang sesuai dengan apa yang facebook tampilkan tersebut, maka otomatis jumlah like-nya akan lebih banyak.

Kata kunci “interest” dapat Anda ganti sesuai dengan kebutuhan, misalnya: movies, food, books, restaurant, hobby, places, dan lain-lain apapun bisa.

Jika fan page Anda sudah mempunyai banyak like, Tentu anda tidak perlu lagi melirik ke fan page saingan Anda. Gunakanlah page Anda sendiri dan optimasi agar performa fan page anda bisa maksimal.

4. Optimasi website untuk facebook

Ketika anda menjual produk secara online, facebook marketing saja tidak cukup. Sudah sepantasnya Anda mempunyai sebuah website kalau anda menginginkan bisnis anda bisa berkembang dan semakin besar.

Salah satu keuntungan website adalah artikel anda bisa dihubungkan dengan media sosial seperti twitter dan facebook. Anda juga pasti telah mengetahui bahwa dalam sebuah website ada opsi untuk men-share artikel dan me-likenya.

Tapi tahukah Anda tidak semua web yang dishare tersebut dalam muncul dengan tampilan yang baik di media sosial.

Ada yang gambarnya buram, terlalu kecil, tidak berhubungan, judul beda dengan aslinya, deskripsinya juga tidak jelas.

Hal tersebut merupakan salah satu akibat dari website yang tidak dioptimasi oleh pemiliknya. Tentunya tampilan yang tidak beraturan tersebut dapat mempengaruhi target pasar Anda.

Semua orang pasti ingin sebuah tampilan yang sempurna, ingin suapaya ketika website di-share semuanya tampil dengan proporsi yang pas. Gambarnya tepat, resolusi tinggi, tidak buram, dan tentu saja judul dan deskripsi yang jelas dan menarik.

Untuk dapat membuatnya, ada beberapa “meta tag” yang harus Anda pasang di website, tepatnya dibagian <head>.

Kalau Anda membuat website dengan WordPress, maka installah plugin “Yoast SEO”. Dengan “Yoast SEO” Anda dapat mengatur meta tag dengan lebih mudah dan jauh lebih praktis.

Tapi kalau anda bukan pengguna WordPress dan Anda juga tidak mengerti bahasa HTML, Maka cara termudah adalah kirimkan menggunakan jasa developer website.

atau anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan Open Graph Debugger agar kesalahannya dapat dianalisa.

Baca Juga:  Tarif Pembuatan SEO dalam Website

5. Pahami tips untuk membuat post yang menarik

Anda tidak dapat membuat postingan terlalu banyak dalam sehari di facebook. Kenapa? Alasannya ada dua, yaitu:

a) Membuat postingan yang banyak dalam sehari di facebook akan mendapatkan sedikit like. Maka dari itu, buatlah postingan maksimal 2 kali saja dalam sehari.

b) Apapun yang kita post harus berkualitas untuk menarik banyak perhatian orang, sangat sulit untuk membuat banyak post berkualitas yang menarik dalam sehari.

Cermatilah beberapa tips untuk masing-masing jenis post (tulisan/ teks, gambar, video, link) berikut ini:

Tulisan/ teks

Pertama, Anda harus tau bahwa sebuah teks tidak dapat berdiri sendiri. Sebuah teks harus dibarengi dengan sebuah gambar atau video untuk memperjelas maksud dari isi teks tersebut. Selain itu, orang terlalu bosan jika hanya membaca teks saja, maka postingan Anda tidak akan menarik banyak target. Maka dari itu, hindarilah menggunakan teks tanpa dampingan dari media lain.

Gambar

Anda harus mengupload gambar yang kualitasnya bagus. Agar optimal, sebaiknya bentuk/ ukuran gambar yang digunakan adalah persegi atau mendekati persegi. Ukuran gambar minimal 475 x 400 px, jangan sampai kurang dari itu.

Video

Jika Anda memilih menggunakan video, pastikan video tersebut Anda upload di page facebook. Jangan pernah hanya menaruh link video dari youtube.

Kenapa?

Karena facebook dari dulu memang dikenal tidak berkawan baik dengan youtube. Facebook dengan sengaja menurunkan jangkauan dari video youtube apabila dipost ke facebook.

Maka yang akan terjadi adalah link video yang Anda taruh tersebut susah untuk dijangkau target, sehingga hanya mendapatkan sedikit like.

Sebaliknya, video yang langsung Anda upload ke facebook akan mendapatkan banyak jangkauan dari banyak orang, sehingga video Anda akan mendapatkan bayak like, comment, dan share.

Link

Link terbaik di facebook biasanya berasal dari gambar dengan posisi lanscape (horizontal atau memanjang ke samping).

Lalu dari ke-empat jenis post (teks, gambar, video, link) tersebut, manakah postingan yang paling baik?

Tergantung.

Tergantung dari bobot isinya.

Pada umumnya sebuah postingan di sosial media seperti facebook tidaklah terlalu berbobot. Teks yang singkat hanya mangandung sedikit informasi, begitu juga dengan gambar.

Lalu untuk video di facebook rata-rata hanya dilihat kurang dari 30 detik. Jadi, jika konten Anda hanya informasi yang singkat dan sekadar pemberitahuan, maka gunakanlah teks, foto, atau video.

Tapi, kalau bobot informasinya tinggi, jangan. Untuk konten yang berbobot tinggi dan panjang, lebih baik poasting di website Anda sendiri, lalu share ke page facebook atau taruh link nya ke facebook.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk memposting di page facebook?

Jawabannya tergantung.

Tergantung siapa target pasar Anda.

Misal jika target Anda adalah pelajar/mahasiswa, mungkin akan aktif membuka facebook pada hari kerja dan malam hari. Jika ibu rumah tangga, aktif di sosial media saat hari kerja dan siang hari. Dan masih banyak lagi kemungkinan yang dapat Anda prediksi sesuai dengan target pasar Anda membuka ketika facebook.

Nah itulah 5 Langkah Praktis Untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda Di Facebook semoga dengan artikel ini bisa memberikan tambahan wawasan kepada anda khususnya bagi pebisnis online untuk mempercepat perkembangan bisnis anda dengan mendongkrak penjualan via facebook marketing.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan like dan share di media social milik anda.

3 KOMENTAR

  1. thanks informasi nya..
    Apabila di sebuah web tidak ada articel.. apakah perlu di buat kolom articel untuk menunjang pengunjung web nya?? thanks

Tinggalkan Balasan