BERBAGI

Cara Mendapat Uang dari Youtube – Youtube adalah salah satu situs berbagi video gratis milik Google. Youtube bisa memberikan penghasilan untuk anda yang menekuninya. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan supaya bisa memperoleh uang dari Youtube tersebut.

Salah satu caranya ialah dengan menjadi seorang Youtuber sukses. Hal yang perlu anda lakukan nantinya hanyalah mengupload video ke Yuotube. Pastikan video yang anda upload tersebut menarik dan mampu mengundang banyak penonton.

Jenis Video Penghasil Uang di Youtube

Perlu untuk anda ketahui, salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya jumlah uang yang anda dapatkan nantinya ialah jumlah viewers (penonton). Maka dari itu, anda harus pastikan bahwa video anda tersebut berkualitas dan menarik.

Video yang mampu mencuri perhatian akan mendatangkan banyak penonton. Uang yang anda dapatkan pun akan semakin tinggi. Adapun jenis video yang bisa menghasilkan uang dari Youtube ialah sebagai berikut.

  • Video original. Tipe video asli yang direkam menggunakan perangkat perekam video, bisa perangkat mobile seperti smartphone.
  • Video slide. Tipe video yang adalah gabungan dari berbagai gambar.

Dalam membuat video, anda bisa gunakan kategori apapun asalkan tidak menyalahi aturan. Selain itu, ada baiknya anda buat video dengan durasi yang cukup lama. Durasi video minimal itu sendiri berkisar antara 3 menitan.

Baca Juga:  8 Peluang Usaha di Bali Dengan Prospek Menggiurkan

Cara Mendapat Uang dari Youtube

Setelah anda mengetahui jenis video yang bisa menghasilkan uang, kini saatnya anda mengetahui cara mendapat uang dari Youtube. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

1. Buat Youtube Channel

Anda bisa mulai sign in ke YouTube dan buatlah channel. Hal yang perlu anda pertimbangkan oalah nama, konsep, dan tema channel anda.

2. Monetisasi YouTube Channel

Sign in ke akun YouTube dan pilih menu account information yang ada di sebelah kanan atas. Klik Creator Studio. Di menu sebelah kiri, pilih Channel. Lalu klik Status and features. Anda pilih Enable Monetisation. Klik setujui agreement yang ada.

3. Sambungkan YouTube Channel ke AdSense

Lakukan associate dan approved AdSense account ke YouTube account. Nantinya tersedia fitur YouTube Analytic yang bisa digunakan untuk melakukan track penghasilan. Video bisa terbayar hanya jika anda mengikuti Youtube payment treshold yang ada.

4. Optimasi Fungsi Monetisasi YouTube Channel

Dalam hal ini, anda harus pastikan bahwa video anda user-friendly. Kontennya juga harus karya orisinil (bukan plagiasi). Video yang anda buat harus memperhatikan Terms of Service serta Community Guidelines dari YouTube.

Baca Juga:  5 Peluang Usaha Dibidang Jasa yang Dibutuhkan Masyarakat

5. Cara Mengambil Uang dari Youtube

Pastikan video telah dimonetisasi dengan akun adsense. Selain itu, channel video youtube anda sudah dikaitkan akun adsense. Akun adsense anda pun harusnya sudah verifikasi PIN. Penghasilan bisa dicairkan apabila sudah mencapai minimal $100 atau jika rupiah akan setara dengan Rp. 1.300.000 (rate 1 dollar Rp. 13.000).

Cara mendapatkan gaji dari Youtube bisa dicairkan melalui akun adsense. Pada umumnya, penghasilan dari video Youtube anda akan ditransfer dananya ke akun adsense tiap pertengahan bulan. Pengambilan umumnya bisa dilakukan tiap tanggal 21 – 25 setelah anda memperoleh informasi dari Google bahwa pembayaran telah dikirim.

Ada 3 metode yang dapat dipilih untuk pencairan pendapatan Google Adsense, yakni dengan western uinion (WU), cek (hanya untuk Amerika), dan transfer kawat (transfer antar bank). Apabila telah menentukan metode pembayaran di akun Adsensenya, umumnya metode pembayaran baru dapat ditentukan apabila penghasilan telah mencapai minimal $100 USD.

Tinggalkan Balasan