BERBAGI

peluang-usaha-ternak-bebek

Peluang usaha ternak bebek– Belakangan ini, banyak sekali restoran besar yang menggunakan bebek sebagai bahan utamanya. Bebek tersebut diolah menjadi berbagai kuliner baik kuliner khas asli Indonesia seperti bebek betutu, bebek penyet, dan bebek goreng maupun kuliner Internasional seperti nasi hainan dengan sajian bebek rebus, dan roasted duck. Tidak hanya restoran besar, warung kaki lima dan pengusaha kuliner jalanan juga rame-rame menggunakan bahan baku bebek sebagai menu utama mereka. Melihat fakta-fakta akan permintaan bebek yang terus meningkat, Anda bisa mencoba usaha ternak bebek apalagi bagi Anda yang hidup di pedesaan yang lingkungannya sangat cocok bagi bebek. Untuk hal yang lebih mendalam, mari kita ulas peluang usaha ternak bebek tersebut.

Tips Dalam Mengambil Peluang Usaha Ternak Bebek

  1. Pilihlah Bebek Pedaging yang Cepat Panen

Dalam mengambil kesempatan berbisnis ternak bebek,  hal terpenting yang harus Anda pikirkan adalah pemilihan bebek yang berkualitas bagus. Karena bebek yang akan digunakan adalah untuk kebutuhan usaha kuliner, maka bebek pedaginglah yang diperlukan. Bebek pedaging yang bagus untuk usaha kuliner  adalah jenis bebek peking.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Catering Sarden Ikan Pindang Buatan Sendiri yang Menjanjikan

Bebek peking dinilai sangat menjanjikan karena dagingnya sangat tebal, rasanya sangat gurih dan tentunya laju pertumbuhan bebek tersebut lebih cepat dibandingkan jenis bebek lokal. Bebek peking hanya membutuhkan waktu satu setengah bulan untuk mencapai berat 2 sampai 3 kg dan dalam waktu 3 bulan, bebek peking bahkan bisa mencapai berat antara 4 sampai 5 kg. Kelebihan lain dari bebek peking adalah sifatnya yang tidak kanibal dan selalu tahan terhadap penyakit.

  1. Perhatikan Perawatan Bebek

Selain pemilihan jenis bebek pedaging yang cepat panen, Anda juga harus memperhatikan perawatan bebek agar bebek-bebek tersebut selalu dalam keadaan sehat dan memiliki kualitas prima.Perawatan tersebut adalah pemilihan jenis pakan dan kandang yang baik. Untuk jenis pakan, pilihlah pakan yang alami dan mengandung nilai gizi tinggi yang diperlukan bebek.

Anda bisa membuat pakan sendiri dengan mencampur bahan-bahan seperti bekatul, tepung jagung, tepung ikan, bekicot serta campuran sayuran seperti daun genjer, daun pepaya dan lainnya. Sedangkan untuk pembuatan kandang, sebaiknya menggunakan model panggung yang menghadap ke arah timur di mana bebek-bebek tersebut akan mendapatkan sinar pagi matahari secara langsung.

  1. Analisa Peluang Usaha Ternak Bebek
Baca Juga:  Peluang Usaha Ternak Kelinci Yuk! Manfaatkan Untuk Penghasilan Tambahanmu

Berikut ini adalah  analisa modal dan keuntungan dalam memanfaatkan kesempatan berbisnis ternak bebek :

  • DOD bebek peking (500xRp.8.500) : Rp. 4.250.000
  • Kebutuhan pakan untuk 1 kali panen : Rp. 5.500.000
  • Pembuatan kandang bambu : Rp. 1.000.000
  • Vitamin dan obat-obatan : Rp. 500.000
  • Biaya operasional : Rp. 500.000

Total    : Rp.11.750.000

Kita asumsikan bahwa dari 500 bebek peking, yang hidup adalah 450. Apabila satu kilo bebek peking harganya Rp.42.000 dengan masing-masing bebek memiliki berat 4 kg. Maka dalam satu kali panen, keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Hasil satu kali panen (450x4xRp.42.000) : Rp.75.600.000
  • Keuntungan (Rp.75.600.000- Rp.11.750.000) : Rp. 63.850.000

Bagaimana? Menguntungkan bukan? Demikianlah beberapa ulasan singkat tentang peluang usaha ternak bebek yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan