BERBAGI

Ditengah dinamisnya perkembangan bisnis dari waktu ke waktu ditambah makin kompetitifnya persaingan yang terjadi membuat para pengusaha dan pelaku bisnis makin tertantang untuk melakukan inovasi dan pengembangan-pengembangan dalam bisnisnya.

Pengembangan bisnis harus disertai dengan pengembangan SDM sebagai pelaku perubahan dalam suatu organisasi bisnis agar tujuan dan rencana strategis bisnis dapat tercapai secara efektik dan efisien. Mengembangkan SDM multak perlu dilakukan oleh organisasi bisnis yang akan mengembangkan kinerja bisnisnya. Hal ini tentu akan berdampat pada kinerja karyawan, Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan?

meningkatkan kinerja karyawan

Pengembangan SDM dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan produktivitas SDM dari segi kecermatan, disiplin dan bersikap efektif dalam melaksanakan tugas, mengembangkan pelaksanaan manajemen yang partisipatif dari seluruh SDM sehingga setiap SDM mengetahui posisinya dengan baik serta dapat berperan aktif dan mengambil keputusan yang perlu dilakukan secara cepat dan tepat sesuai dengan kewenangannya agar proses bisnis dapat berjalan secara efektif.

Sisi lain dari pengembangan SDM memungkinkan peningkatan semangat kerja, komunikasi yang makin efektif sehingga dapat meminimalisir berbagai konflik internal yang bisa menghambat laju perkembangan bisnis menghadapi lingkungan eksternal atau lingkungan masyarakat.

Dengan tertatanya SDM semakin baik dan terciptanya kesatuan yang utuh pada lingkungan bisnis internal akan makin mengokohkan kekuatan organisasi bisnis di masyarakat terutama di mata kosumen karena mereka akan terlayani dengan baik, cepat, tepat dan efektif.

Baca Juga:  Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner dan Tool Lainnya

Cara mengembangkan SDM diantaranya dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan peningkatan kemampuan atau Skill SDM juga peningkatan sikap mental positif yang akan mempengaruhi kinerja mereka dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Mengembangkan SDM dapat dilakukan pula dengan membuat suatu program pengembangan SDM yang diadakan secara khusus untuk tujuan yang lebih baik ke depannya. Hal ini tentu dapat berpengaruh pada meningkatnya kinerja karyawan.

cara meningkatkan kinerja karyawan

Program pengembangan SDM dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini:

1. Penentuan kebutuhan

Penentuan kebutuhan adanya program pengembangan mutlak dilakukan, dalam arti adanya program pengembangan SDM tersebut memang sangat dibutuhkan oleh organisasi bisnis.

Kebutuhan adanya pengembangan SDM paling tidak harus dianalisis dengan melihat kepada 2 hal; pertama kebutuhan pengembangan SDM untuk menghadapi masalah-masalah yang timbul saat ini dan kedua kebutuhan untuk menghadapi tantangan baru dimasa depan.

Masalah yang timbul saat ini dapat berupa; pemborosan yang besar akibat banyaknya kesalahan yang diperbuat SDM yang kurang cakap, masalah rendahnya produktifitas kerja atau kurang gairah dalam melaksanakn pekerjaan dan lainnya.

 

 

Salah satu kebutuhan yang harus ditunjang oleh adanya program pelatihan dan pengembangan SDM adalah ketika organisasi bisnis melakukan perubahan strategi yang berdampak pada perubahan cara atau pola kerja sehingga harus mengadakan pelatihan cara kerja baru.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan

Baca juga : Cara Efektif Melaksanakan Pelatihan SDM

2. Penentuan sasaran

Sasaran yang akan dicapai setelah program pengembangan SDM dapat berupa perubahan kinerja dari sisi teknis ataupun berupa perubahan perilaku yang diharapkan. Perubahan yang bersifat teknikal sangat erat kaitannya dengan intelijensi SDM berupa kecepatan, ketangkasan, kemahiran dalam melaksanaan pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan dengan kesalahan yang sangat minimal.

Perubahan yang bersifat mental atau sikap lebih menekankan kepada semangat kerja, kesatuan, kemampuan berkomunikasi antar bagian dan proses pemecahan masalah dalam bisnis.

3. Penetapan isi program dan plaksanaan program

Setelah dianalisis bahwa program pengambangan SDM sangat dibutuhkan dan sasaran yang akan dicapai sudah ditetapkan untuk perbaikan kinerja organisasi dalam bisnis maka isi program tersebut segera dibuat dan ditetapkan.

Isi program bersifat situasional dalam arti isi dan pelaksanaan program tersebut sesuai dengan situasi yang ada dan ingin di rubah atau dikembangkan.

4. Penilaian pelaksanaan program

Setelah pelaksanaan program, maka dapat dianalisis hasilnya baik dari sisi teknikal seberapa baik peningkata kinerja teknis SDM pasca pelatihan dan pengaruh-pengaruh terhadap perubahan mental SDM kea rah yang lebih positif dalam menghadapi tantangan pekerjaan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara meningkatkan kinerja karyawan, semoga karyawan kamu dapat lebih produktif setelah kamu menerapkan tips dari artikel ini.

Tinggalkan Balasan