BERBAGI

Bagaimana Peluang Bisnis Les Privat sebagai Peluang Usaha Mahasiswa

Peluang Usaha Mahasiswa– Apakah Anda seorang mahasiswa yang ingin menambah uang jajan atau ingin bekerja tetapi tidak punya banyak waktu? Tenang! Anda bisa membuka usaha yang satu ini.

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar dan tentunya sangat cocok bagi mahasiswa. Usaha tersebut adalah bisnis les privat. Target pasarannya pun cukup anak-anak sekolah mulai dari SD, SMP, atau SMA.

Dilihat dari segi waktu, bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa karena bisa dilakukan di sore hari ketika anak-anak sekolah sudah tidak berada di sekolah. Manfaat lain yang diperoleh adalah hari-hari Anda akan terasa berwarna karena Anda akan selalu berinteraksi dan berbagi tawa-canda bersama anak-anak sekolah.

Yuk, mari kita ulas beberapa hal tentang bisnis les privat sebagai peluang usaha mahasiswa.

Melirik Peluang Usaha Mahasiswa di dalam Bisnis Les Privat, Bagaimanakah Caranya?

1. Pilihlah Tempat yang Strategis

Kesempatan berbisnis yang sangat cocok bagi mahasiswa ini harus dipertimbangkan beberapa hal. Hal yang sangat penting adalah pemilihan lokasi yang strategis. Lokasi yang tepat untuk bisnis les privat adalah lokasi-lokasi yang dekat dengan instansi-instansi pendidikan atau perumahan.

Karena bisnis les privat adalah bisnis yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, lokasi les hendaknya dikelilingi hal-hal yang positif dalam suasana yang membangkitkan anak-anak giat belajar seperti fasilitas yang nyaman, media yang menarik, hiburan musik saat istirahat dan lain-lain.

Baca Juga:  Cara Usaha Tanpa Modal di Bidang Properti yang Mudah dan Menguntungkan

1.5 Gunakan Website atau Media Sosial

Saat ini yang juga banyak digunakan untuk memulai bisnis les privat adalah menggunakan media online seperti website dan facebook. Jika kamu belum memilki modal untuk menyewa tempat, kamu bisa menggunakan alternatif ini, yaitu dengan menggunakan media online seperti website dan facebook untuk memulai ini.

Kamu bisa mengumpulkan para tutor, melalui grup/fanspage facebook, ataupun WhatsApp, untuk berbagi informasi mengenai tawaran mengajar. Dan untuk proses pendaftaran tutor, kamu juga bisa menggunakan website untuk menyimpan database tutor, sistem penggajian tutor, sistem registrasi tutor dan siswa, berbagi informasi, dan hal lainnya yang kamu butuhkan,

So.. bila kamu belum punya modal untuk menyewa tempat usaha, kamu bisa gunakan media sosial dan website untuk memulai usaha ini..

2. Promosi yang Menarik

Promosi merupakan hal terpenting dalam menjalankan bisnis les privat. Pada awal berdirinya usaha les privat, hambatan-hambatan seperti susahnya mencari siswa adalah hal yang wajar. Anda harus melakukan cara jemput bola.

Cara ini dinilai sangat efektif untuk mendapatkan banyak siswa. Anda bisa membuat selebaran-selebaran menarik yang isinya berupa biaya les yang tidak begitu mahal, diskon bagi siswa berprestasi atau metode pembelajaran menarik dan berbeda yang Anda tawarkan.

Baca Juga:  Menindaklanjuti Peluang Usaha Makanan Beku untuk Meraih Untung

Selebaran tersebut bisa Anda bagi-bagikan melalui sekolah umum, yayasan pendidikan atau instansi-instansi pendidikan lainnya.

3. Cari Tutor yang Menarik Siswa

Pemilihan tutor adalah faktor terpenting dalam menjalankan bisnis les privat. Carilah tutor yang memiliki kualitas bagus! Selain tutor tersebut harus menguasai pelajaran yang akan diberikan saat les berlangsung, tutor haruslah mempunyai karakter yang membuat anak-anak menjadi nyaman dan semangat untuk belajar.

Tutor-tutor tersebut hendaknya menempatkan posisinya bukan sebagai pengajar tetapi sebagai sahabat yang penuh inspiratif dan menyenangkan.

3. Analisa Modal dan Keuntungan dari Bisnis Les Privat

Berikut adalah analisa modal dan keuntungan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan acuan dalam melirik kesempatan berbisnis yang sangat cocok bagi mahasiswa ini:

  • Sewa tempat per-bulan : Rp. 1.000.000
  • Brosur atau alat promosi : Rp. 100.000
  • Peralatan mengajar (papan tulis, marker dll) : Rp. 200.000
  • Gaji Tutor per bulan : Rp. 2.000.000
  • Barang Operasional (listrik dan sebagainya) : Rp. 800.000
    Total : Rp. 4.100.000

Apabila ada 15 siswa yang mendaftar di tempat les Anda dengan biaya les (Rp.500.000 untuk 12x pertemuan), maka:

  • Pendapatan bulanan (Rp.500.000 x 15) : Rp. 7.500.000
  • Keuntungan yang didapat (Rp.7.500.000 – Rp.4.100.000) : Rp. 3.400.000

Demikianlah beberapa informasi berguna mengenai peluang usaha mahasiswa. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan