BERBAGI

Tips sukses bisnis online selanjutnya dari HzCrash dalam 8 Cara Kreatif Membuat Toko Online Laris adalah Berjualan Online Tanpa Toko Online dengan menggunakan Marketplace. Setelah sebelumnya kita belajar cara mendatangkan pengunjung ke toko online baru kita akan belajar Cara bisnis online dengan berjualan online tanpa menggunakan toko online yaitu dengan Marketplace, lalu Bagaimanakah Tips Jitu Berjualan di Marketplace?

Tips Jitu Berjualan di Marketplace

Bagi kamu yang baru memulai bisnis online dan membuat toko online hal ini akan menjadi tips yang bermanfaat untuk kamu. Bisnis rumahan online bukan sekedar mengandalkan toko online saja. Mengapa demikian? karena bisnis online memiliki cangkupan yang luas dan sama rumitnya dengan memulai bisnis offline.

Waduh, baru 2 paragraf saja sudah ada kata rumit, hehe. Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengatakan bahwa memulai bisnis rumahan secara online itu rumit. Namun hal ini akan terkesan sulit apabila kita tidak mengetahui strateginya. Maka dari itu beruntunglah kamu yang sedang membaca artikel ini, saya akan membagiakan tips berjualan online tanpa toko online secara gratis untuk kamu.

tips berjualan di tokopedia

Sampai sekarang jika hanya kamu mengandalkan toko online saja untuk melakukan bisnis online, ini juga merupakan suatu kekeliruan. Terlebih kamu bukanlah orang yang bisa melakukan optimisasi website secara penuh seperti iklan, SEO, dan yang lainnya.

Cara Membuat Toko Online Laris

Cara selanjutnya untuk membuat toko online kamu laris adalah dengan cara menjual ditempat lain. Tempat-tempat tersebut yaitu : berjualan di olx.co.id, atau kamu juga bisa memanfaatkan untuk berjualan di bukalapak.com, lazada.com, atau tokopedia.com (Kita menyebutnya website marketplace).

Rekomendasi Marketplace yang harus kamu coba untuk memulai berjualan.

  1. Jual produk kamu di Tokopedia.com. Kami juga telah membagikan bagaimana cara berjualan di tokopedia, serta cara mendaftar atau membuka toko di tokopedia.
  2. Berjualan dengan memanfaatkan COD di olx.co.id
  3. Berjualan dengan mudah di bukalapak.com
  4. Jual dengan cepat di lazada.com
Baca Juga:  Cara Berjualan di Tokopedia

Marketplace adalah tempat dimana kamu bisa berjualan dan melakukan transaksi secara online. Istilah marketplace sering disebut dengan pasar online. Namanya juga pasar, disana terdapat banyak penjual yang menawarkan barang dagangan masing-masing dan pembeli yang sengaja berkumpul untuk berbelanja.

Keuntungan Berjualan di Marketplace

Kamu yang ingin mendalami bisnis online harus mengetahui hal ini. Berjualan di marketplace sangatlah menguntungkan. Apabila toko online kita adalah ruko atau tempat punya kita sendiri, hal yang berbeda terdapat pada marketplace, yaitu kita berjualan di pasar online dimana penjual dan pembeli berkumpul untuk berbelanja.

Kamu bisa menjual produk-produk unggulan kamu di marketplace karena puluhan, ribuan,bahkan jutaan pembeli yang mengakses marketplace tersebut sudah siap berbelanja disana. Kita tidak perlu mencari bagaimana mendatangkan pengunjung ke toko online, melainkan mereka yang datang kepada kita.

Cara ini akan efektif, mengapa? Saya analogikan website kamu adalah pintu. Jika kamu punya 1 pintu maka orang bisa masuk ke pintu pertama kamu. Permasalahannya adalah tidak banyak orang yang tahu dimanakah pintu kamu.

Namun jika kamu memiliki banyak pintu maka orang akan mudah menemukan produk kamu dengan bantuan pintu-pintu lain. Pintu lain yang dimaksud disini adalah olx.co.id, q10.co.id , bukalapak.com, tokopedia.com dan yang lainnya.

tips berjualan di marketplace

 

Berjualan di marketplace juga bisa kamu manfaatkan untuk meramaikan toko online. Saya akan beritahukan rahasia yang seharusnya sudah kamu ketahui namun sering dilupakan. Yaitu buatlah pintu-pintu tersebut saling berhubungan.

Menghubungkan Toko Online dengan Marketplace

  1. Buat akun dengan brand toko online kamu.
  2. Buat ciri khas toko online kamu pada web tersebut.
  3. Pada deskripsi produk yang kamu jual letakanlah url website kamu.

Sesimpel itu caranya, kamu dapat mengembangkan dengan gaya berjualan kamu sendiri.

Tips berjualan di Marketplace

membuat penawaran menarik

  1. Jual dengan harga promo

Jualah produk di web tersebut dengan harga yang berbeda. Meskipun nantinya harga tersebut lebih murah dibanding toko online kamu sendiri.

Baca Juga:  Tips Menghadapi Pesaing Bisnis Online

Karena persaingan di website marketplace sangatlah ketat. Disini tidak hanya kamu yang berjualan, melainkan orang lain yang bahkan memiliki produk yang sama seperti kamu. Jadi berikanlah promosi harga serta kalimat penawaran yang menarik sehingga dapat menarik pengunjung untuk membeli produk kamu.

customer support yang baik

  1. Tanggapi konsumen kamu.

Ingat! Pelayanan adalah nomor 1. Jangan kecewakan pelanggan kamu dengan tidak menanggapi pertanyaan atau keluhan mereka. Meskipun ada beberapa komentar yg menyakitkan nantinya. kamu harus tetap professional, karena professionalisme sangat diperlukan dalam bidang pekerjaan apapun, termasuk wirausaha. Jadi bersikaplah professional!

  1. Ingatkanlah konsumen bahwa kamu punya website.

Ketika kamu face to face atau berkomunikasi langsung dengan customer kamu, perkenalkanlah kepada mereka website kamu. Alihkan customer yg kamu dapatkan dari fjb kaskus, bukalapak atau yang lainnya ke website kamu. Berikanlah promo-promo dan keuntungan lebih kpd customer kamu ketika berbelanja langsung di website kamu.

online shopping

Kenapa Saya perlu terapkan cara ini?

Nantinya kamu akan kebanjiran banyak pelanggan. Mengapa? Karena SEO web marketplace sangatlah baik, dan pemasarannya sudah dikenal luas. Poin penjualannya bergantung pada produk kamu dan bagaimana penawaran kamu.

Hal yang pertama kali dipastikan oleh customer adalah bagaimana penawaran kamu. Buatlah kalimat yang menarik, dan yang membedakan jasa kamu dengan yang lain, Apa keunggulan kamu dan mengapa customer harus memilih Jasa kamu dibanding pesaing kamu.

Jika bisa ditambahkan gambar, berikanlah bukti testimoni atau bukti resi pengiriman kamu. Kumpulkanlah dan buatlah konsumen sebagai sahabat kamu.

Sekian tips Berjualan Online Tanpa Toko Online dari HzCrash. Semoga kamu semua bisa menerapkan Cara bisnis online yang kami berikan. Tips sukses bisnis online berikutnya adalah Bagaimana cara mendapatkan pelanggan setia. Kami harap informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu sehingga dapat membuat toko online kamu laris manis serta bisa diterapkan oleh teman-teman semua. Selamat berjuang 🙂

Tinggalkan Balasan