BERBAGI

Peluang Usaha Kerjasama Bagi Hasil – Memulai usaha bersama partner bisnis bukanlah hal yang salah. Partner bisnis ini bisa melengkapi kekurangan jika bisnis didirikan sendirian. Tak hanya menyempurnakan usaha, partner bisnis juga berperan sebagai teman sehingga bisa berbagi suka dan duka dalam menjalankan bisnis.

Sistem peluang usaha kerjasama bagi hasil itu sendiri adalah sistem pembagian keuntungan yang didapat dari bisnis yang dibangun bersama-sama. Adapun keuntungan yang didapat nantinya harus dibagi adil dengan partner bisnis supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Peluang Usaha Kerjasama Bagi Hasil

Peluang usaha kerjasama bagi hasil sudah lama terdengar. Bisa dibilang bahwa sistem kerjasama bagi hasil adalah perjanjian antara pemodal serta pengelola usaha yang mempunyai keahlian ataupun kecakapan sehingga bisa menjalankkan dana milik pemodal untuk melakukan usaha.

Dalam kerjasama bagi hasil ini ada 2 pihak terkait, yakni pemilik modal serta pengelola modal. Pemilik modal berperan dalam menyediakan dana (modal) untuk kegiatan usaha. Sementara pengelola modal berperan dalam mengelola modal dari pemilik modal untuk menjalankan usaha.

Sistem kerjasama bagi hasil ini sangat sederhana. Dari pembagian tugas diatas, pemilik modal sebagai pengawas dan pengelola modal sebagai petugas operasional. Sistem kerjasama bagi hasil ini memang mudah untuk dilakukan. Hal ini tidak terlepas dari keunggulannya.

Baca Juga:  Bagaimana Peluang Usaha Loket Pembayaran Listrik? Apakah Anda Tertarik?

Keunggulan Usaha Bagi Hasil

Berikut ini adalah beberapa keunggulan usaha bagi hasil yang perlu anda ketahui.

Pemilik modal bisa mendapatkan passive income. Pasalnya, pemilik modal hanya berperan menyediakan modal untuk pengelola modal. Dengan begitu, pemilik modal tidak ikut campur mengelola bisnis. Pemodal hanya bertindak sebagai pengawas bisnis saja.

Usaha bagi hasil pun menerapkan sistem yang sangat sederhana. Sistem usaha ini hanya membutuhkan pemilik modal dan pengelola modal saja. Pihak ini melakukan kerjasama usaha dengan adanya perjanjian pembagian keuntungan yang sudah disetujui keduanya. Sistem ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pemula.

Cara Pembagian Hasil

Sama halnya jenis bisnis lainnya, usaha bagi hasil ini juga menerapkan pembagian hasil yang jelas. Cara pembagian hasil dalam usaha kerjasama ini bisa dilakukan berdasarkan kontribusi dari kedua belah pihak akan kelancaran usaha.

Apabila pihak A hanya investasi modal 30%, namun dia mempunyai kemampuan mengelola bisnis. Sedangkan pihak B investasi 70%, namun dia hanya bertugas sebagai investor saja. Dalam hal ini, pembagian keuntungan usaha bisa menerapkan rasio 50:50.

Baca Juga:  Anda Punya Halaman Kosong? Gunakan Peluang Usaha Cuci Motor!

Selain cara tersebut, pembagian hasil juga bisa dilakukan dengan cara lain. Pihak A melakukan investasi skala kecil namun bisa mempunyai kesempatan sebagai pemilik usaha yang seutuhnya. Hal ini dapat terjadi apabila pihak A menggunakan keuntungan yang diperoleh untuk membayar kembali investasi pihak B.

Tips Melakukan Usaha Bagi Hasil

Dalam memulai usaha bagi hasil, ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan. Berikut ulasannya.

  • Perjanjian Tertulis

Pastikan anda membuat perjanjian tertulis secara detail. Jangan lupa juga untuk melengkapi perjanjian tertulis tersebut dengan imbuhan materai.

  • Alokasi Hasil Penjualan

Anda pastikan bahwa hasil penjualan yang anda dapatkan untuk dipotong terlebih dahulu sebagai modal operasional dan kas pengembangan usaha sebelum dibagikan kepada seluruh pihak.

  • Catat Transaksi

Tips selanjutnya yang penting untuk anda perhatikan ialah mencatat semua bentuk transaksi yang anda lakukan secara detail. Hal ini dilakukan supaya tidak ada pihak yang merasa ditipu karena pencatatan serta perhitungan administrasi yang kurang tepat.

Tinggalkan Balasan