BERBAGI

Jenis Halaman Error dan Cara MenemukannyaMasalah situs ternyata bukan hanya datang dari kecepatan situs web tapi juga bisa datang dari halaman error yang bahkan bisa membikin errornya pengunjung situs web.

Untuk mengatasi masalah halaman error, pemilik web seharusnya bisa menemukan dahulu jenis halaman error apa yang ada pada situsnya sebelum ditemukan oleh orang lain terutama oleh pengunjung situs web anda.

Jenis Halaman Error dan Cara Menemukannya

Nah, sebelum membahas secara detail bagaimana cara dalam mengatasi dan menemukan halaman error di situs anda, ada baiknya jika kita kenali dahulu apa nama jenis halaman error yang kerapkali ditemukan oleh pengunjung dalam situs website.

Jenis Halaman Error

Umumnya, jenis halaman error memang ada banyak sekali. Akan tetapi halaman error yang kerapkali ditemukan oleh webmaster maupun pengunjung ini ada 5 jenis halaman error, yaitu diantaranya:

  1. Halaman error 400
  2. Halaman error 403
  3. Halaman error 404
  4. Halaman error 500
  5. Halaman error 502

Kesemua halaman diatas seringkali ditemukan oleh pengunjung, sehingga sebisa mungkin pemilik web harus bisa menemukan dan mencarinya dahulu sebelum ditemukan oleh orang lain. Bahkan kalau bisa pemilik web juga jangan sampai menunggu dahulu laporan dari panel akan terjadinya halaman error pada situsnya.

Baca Juga:  Tugas Dan Tanggungjawab Webmaster

Jika ini sampai terjadi, bisa saja pengunjung akan lari dan tentunya ini akan dapat menggeser posisi situs anda di search engine.

Untuk mengatasi dan menemukan halaman error sebelum ditemukannya oleh pengunjung, ada 4 langkah yang sering digunakan dalam cara menemukan halaman error dan pastinya cara ini akan bisa mengatasi masalah yang terjadi pada situs anda.

Tapi sebelum memakai 4 langkah tersebut, ternyata langkah-langkah yang diberikan ini memiliki alat yang sempurna dalam cara menemukan error halaman di situs anda.

Alat Menemukan Halaman Error

Sebenarnya alat yang digunakan dalam menemukan halaman error ini adalah sebuah aplikasi terbaru yang dibuat oleh agen marketing dari Inggris. Aplikasi yang dibuat memang diunggah dan bisa didownload secara gratis oleh siapa saja.

Sehingga dengan diberikannya kesempatan tersebut maka banyak sekali webmaster atau pemilik web menggunakan aplikasi tersebut dalam memperbaiki situs terutama pada bagian halaman web nya.

Aplikasi gratis yang bisa digunakan sebagai alat untuk menemukan halaman error adalah screaming frog SEO spider.

Baca Juga:  Teknik Mendongkrak Website dengan Iklan Baris Online

Baca Juga :Manfaat Yahoo Answer dalam Mendongkrak Website

Aplikasi ini bisa menemukan 500 halaman yang mengalami error di situs web anda. Maka dari itu, bagi anda yang tertarik untuk memakainya untuk cara menemukan halaman error di situs web anda, silahkan lihat cara dalam menggunakan aplikasi tersebut di bawah ini.

Cara Menemukan Halaman Error

Untuk menemukan halaman error di situs web anda, ada 4 langkah dalam cara menemukan dan mengatasinya. Cara tersebut yaitu:

  1. Download aplikasi screaming frog SEO spider (khusus untuk PC yang memakai sistem operasi Windows, Ubuntu dan OSX)
  2. Setelah terpasang maka telusuri data dengan memasukkan halaman URL situs anda ke muka dari halaman aplikasi screaming frog SEO spider
  3. Kemudian akan ada tabel yang kosong dan lalu terpenuhi dengan data pada situs anda setelah melakukan langkah kedua
  4. Saat data sudah masuk dalam tabel cari halaman error dengan memakai response codes, baik dengan codes client error 4xx atau dengan server error