BERBAGI

Hidup di desa bukan berarti tidak bisa berpenghasilan kota. Hal ini dikarenakan ada banyak peluang usaha yang bisa memberikan penghasilan besar meski di pedesaan. Bahkan usaha ini bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan sembari mengurus anak dan beberes rumah.

Dengan memiliki penghasilan sendiri, anda para ibu rumah tangga telah berupaya membantu meringankan tanggungjawab suami dalam mencari nafkah. Hanya saja, anda harus mengenali potensi diri anda terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa simak beberapa usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa berikut ini.

Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Apabila anda termasuk ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha sendiri tanpa takut mengganggu rutinitas sebagai ibu rumah tangga, ada baiknya anda simak beberapa jenis usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa berikut ini.

1. Ternak Ayam

Salah satu usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa ialah ternak ayam. Adapun ayam yang bisa anda pilih ialah ayam pedaging maupun ayam petelur. Kedua jenis ayam tersebut berpotensi menghasilkan untung yang banyak apabila dikelola secara baik.

Baca Juga:  2 Peluang Usaha Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan di Rumah

2. Budidaya Jamur

Selain ternak ayam, anda juga bisa mencoba usaha budidaya jamur. Jamur memang selalu dicari untuk diolah menjadi masakan yang lezat. Untuk memulai usaha ini, anda bisa segera hubungi penjual benih jamur yang ada di tempat terdekat anda.

3. Jual Pulsa

Menjual pulsa elektrik adalah salah satu usaha yang tidak menyita banyak waktu. Meski tinggal di desa, kebutuhan pulsa juga sangatlah tinggi. Dengan begitu, sudah bisa dipastikan bahwa usaha ini akan menjadi usaha sampingan yang menguntungkan. Selain pulsa elektrik, anda juga bisa menjual pulsa token listrik.

4. Jasa Menjahit

Persaingan jasa menjahit di pedesaan memang lebih sedikit dibandingkan persaingan di perkotaan. Terlebih lagi, jasa menjahit dihargai lumayan mahal untuk tiap jahitannya. Maka dari itu, anda bisa mulai menjahit dengan berbagai model terbaru saat ini.

5. Laundry

Usaha laundry bisa juga dilakukan di pedesaan. Usaha laundry ini bisa anda jalankan sebagai usaha sampingan yang mudah dan cocok untuk menambah penghasilan anda. Anda bisa mencucinya sendiri ataupun menggunakan bantuan alat mesin cuci.

6. Jual Makanan

Sebagian besar ibu rumah tangga pandai memasak. Untuk anda yang juga pintar memasak ataupun hobi memasak, ada baiknya anda buka usaha dengan berjualan makanan. Adapun makanan yang bisa anda tawarkan seperti nasi uduk, kue, snack, gorengan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Cara Usaha Ternak Ayam Petelur Dengan Laba 10 Juta Perbulan

7. Jual Aksesoris

Usaha ini sangat cocok untuk anda yang memiliki keterampilan dalam membuat pernak-pernik aksesoris cantik. Selain membuatnya sendiri, anda juga bisa bekerjasama dengan supplier terpercaya yang menjual aksesoris unik. Anda pun juga harus mengikuti trend yang berkembang.

8. Warung Kopi

Warung kopi ini bisa anda buka sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Usaha ini bisa anda coba di rumah, terlebih jika letak rumah anda dekat dengan jalan umum. Untuk mengundang pelanggan, anda juga bisa memasang antena wifi dan memberikan password free.

9. Hidroponik

Usaha lain yang bisa anda mulai di desa ialah hidroponik. Hidroponik ini merupakan teknik bercocok tanam modern. Teknik hidroponik ini bisa anda mulai dengan memanfaatkan lahan kosong di rumah anda. Anda bisa mulai menanam aneka jenis sayuran dan menjualnya ke pasar ataupun pada tukang sayur keliling.

Tinggalkan Balasan