BERBAGI

Cara Mempercepat Situs dengan Menghapus Entity TagSelain menggunakan font yang ada pada google font, teknik tambahan yang bisa digunakan untuk mempercepat situs adalah dengan cara menghapus entity tag. Cara ini memang sedikit lebih rumit dari cara penggunaan font.

Tapi, jika anda ingin menggunakan langkah ini untuk menyempurnakan kecepatan situs anda, maka anda bisa melihat langkah dalam melakukan metode berikut untuk mempercepat situs web anda.

Cara Mempercepat Situs dengan Menghapus Entity Tag

Entity Tag / e-tag

Metode entity tag lebih dikenal dengan sebutan e-tag. Penghapusan situs dengan e-tag ini dilakukan melalui kode unik, yang mana file cache dengan file di server akan memiliki jenis yang sama.

Sehingga cara kerja e-tag adalah untuk validator tambahan pada file cache yang operatornya dilakukan oleh web server dengan kode uniknya adalah kode respon seri HTTP 304.

Nah, sekarang yang menjadi permasalahan adalah disaat anda menggunakan e-tag sebagai cara dalam mempercepat situs padahal posisi file anda adalah CDN, maka file pada situs anda akan tidak valid, karena file server tidak memiliki kesamaan dengan file yang ada di cache. Kondisi ini juga akan berlaku sama saat anda menggunakan file server jenis clustered server.

Baca Juga:  Cara Usaha Ternak Ayam Petelur Dengan Laba 10 Juta Perbulan

Lalu apa fungsi dari cache dalam menggunakan metode e-tag untuk mempercepat situs web tersebut?

Fungsi Cache pada Metode Penghapusan e-tag

Saat entitiy tag atau e-tag berada pada situs web anda, ini akan membuat ukuran pada HTTP response header menjadi sangat besar.

Dengan kondisi seperti ini maka situs akan tidak berjalan secara efektif sehingga kelambatan akan kecepatan situs memang terjadi walaupun situs memiliki ukuran hanya beberapa byte saja.

Sebelum sudah diejlaskan juga, bahwa server yang terbebani ini akan menjadi salah satu dampak dalam melambatnya kecepatan situs web anda.

Nah, dengan cara menggunakan cache sebagai metode untuk mengurangi beban tersebut, maka fungsi cache sendiri pada e-tag ini juga akan bisa menghapus beban tersebut.

Baca Juga :Cara Mencari dan Memilih Long Tail Keyword Bernilai Tinggi

Cara untuk menghapus beban e-tag pada server di situs, anda bisa menonaktifkan e-tag pada situs dengan langkah menggunakan algoritma di bawah untuk cara melakukannya. Sintaks algoritma tersebut yaitu:

Baca Juga:  2 Langkah Tepat Cara Mengurangi Beban Server

Dengan menambahkan dua baris berikut di akhir file .htaccess anda :

Header unset ETag

FileETag None

 

Dengan menambahkan dua sintaks baris ini pada akhir file di .htaccess situs anda, maka situs anda akan terasa lebih ringan sehingga kecepatannyapun juga bisa kembali maksimal dna bahkan lebih cepat.

Algoritma sintaks di atas adalah langkah untuk menghapus entity tag dari semua file, sehingga file yang ada pada situs akan menjadi kosong.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.