BERBAGI

Optimisasi Kecepatan Situs dengan Mengurangi Beban Perangkat PengunjungTernyata, salah satu kendala yang menyebabkan masalah pada situs anda dalam menurunnya kecepatan situs ini disebabkan oleh perangkat pengunjung yang memiliki beban.

Sehingga bisa dipastikan bahwa bukan hanya dari pihak pemilik situs saja yang memiliki kendala, tapi bisa juga dari pihak pengunjunglah masalah muncul atau terjadi.

Optimisasi Kecepatan Situs dengan Mengurangi Beban Perangkat Pengunjung

Banyaknya pengunjung yang datang ke situs web ini disebabkan karena banyaknya traffic yang membuka dan mengunduh file di situs anda sehingga membuka kata kunci situs web yang dimiliki mampu naik dan berada di posisi ata pada halaman pencarian.

Semakin banyak pengunjung yang datang dan melihat situs web anda, maka semakin bagus pula ini akan memberikan peringkat pada pencarian situs di google search engine.

Tapi, anda jangan senang dulu karena traffic juga bisa menyebabkan situs anda berada dalam posisi menurun dari pencarian di google. Kenapa? Ini disebabkan karena pengunjung juga memiliki beban pada perangkat yang digunakannya.

Baca Juga:  Algoritma Optimisasi Mempercepat Situs Web Secara Efektif

Baca Juga : Rahasia Meningkatkan Penjualan Toko Online

Tidak semua pengunjung akan punya dan menggunakan perangkat yang memiliki koneksi internet tercepat (high end). Pastinya, ada sebagian pengunjung yang menggunakan koneksi internet dengan perangkat low end.

Optimisasi Kecepatan Situs dari Perangkat Pengunjung

Perangkat yang digunakan oleh pengunjung jika memiliki koneksi internet yang lambat atau low end ini juga akan memberikan masalah pada kecepatan situs web saat dibuka. Sehingga perlu adanya optimisasi kecepatan pada pengunjung yaitu dengan mengurangi beban pada perangkatnya. Lalu bagaimana caranya?

Dari sekian banyak masalah yang bisa terjadi dan salah satunya yang disebabkan oleh traffic sendiri, cara paling efektif dalam mengoptimisasi kecepatan situs pemilik situs website bisa mengurangi beban dari perangkat pengunjung dengan cara memblokir render atau yang di kenal dengan render blocking.

Render Blocking

Mengatasi masalah pemblokiran render atau render blocking adalah posisi dimana pengunjung hanya akan melihat halaman kosong saat dirinya mengunjungi situs tersebut. Ini dikarenakan file pada situs sumberdaya seperti CSS atau JavaScript yang dieksekusi dan dimuat sebelum halaman situs web ditampilkan.

Baca Juga:  Langkah Tepat dan Efektif Mempercepat Blog / Situs Web (Page Speed)

Saat halaman belum ditampilkan, ini disebabkan karena render blocking menutup halaman tersebut sehingga tidak bisa dilihat oleh siapapun.

Penyebab akan kejadian ini adalah jenis file nya yang berbentuk JavaScript atau CSS yang sebelumnya telah di tag penutup </head> atau sebelum tubuh halaman (<body>) telah dimuat.

Setiap file JavaScript atau CSS yang diblocking oleh render blocking sebenarnya ini masih bisa di atas secara sederhana, yaitu dengan memuat sumberdaya dari penyebabnya. Dan cara untuk melakukannya, anda bisa cari artikel yang berkaitan dengan cara mengatasi render blocking pada JavaScript ataupun CSS.

LEAVE A REPLY

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.