BERBAGI

Sebuah artikel merupakan jenis konten dari website yang paling mudah dibuat dibanding dengan konten lainnya seperti gambar atau video. Dengan semakin populernya dunia blogging saat ini, maka banyak orang yang berlomba-lomba mengisi website buatannya dengan artikel-artikel untuk mendatangkan trafik.

 

Meskipun pembuatan artikel tergolong mudah dibandingkan dengan jenis konten website yang lain, Anda jangan pernah menganggap pembuatannya semudah membalikkan tangan, karena percaya atau tidak membuat artikel yang menarik banyak pembaca itu tidak mudah.

 

Misalnya Anda telah memposting ratusan artikel di website, jika tidak satupun artikel yang menarik, maka yang terjadi adalah artikel yang Anda terbitkan tidak mendapatkan perhatian dari banyak orang, tidak ada yang berkunjung ke website Anda, tidak ada yang membaca artikel Anda hingga selesai, hanya lewat begitu saja.

Tujuh Tahap Membuat Artikel Yang Baik Dari Segi SEO
Tujuh Tahap Membuat Artikel Yang Baik Dari Segi SEO

 

Meskipun Anda telah menerapkan membuat website anda baik dari segi SEO (Search Engine Optimizer). Akhirnya, artikel Anda tidak sukses mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari Google. Nah, inilah masalah utama dari para blogger maupun penulis artikel.

 

Nah, jika Anda yang berprofesi baik sebagai blogger maupun penulis artikel merasa pernah mengalami hal tersebut, artikel ini hadir sebagai panduan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

 

  1. LUPAKAN SEO

Merasa tertipu dengan judul artikel?

Bagi anda yang sudah tahu mengenai SEO, pasti Anda telah memahami bahwa setiap artikel harus dioptimasi agar mendapatkan peringkat tinggi di google.

 

Namun jika diperhatikan lagi yang terjadi justru sebaliknya. Mereka yang mengaplikasikan teknik SEO justru gagal, sedangkan mereka yang melupakan SEO ketika menulis artikel malah mendapat peringkat yang bagus.

 

Mengapa bisa demikian?

Karena mereka yang fokus pada SEO secara tidak sadar malah membuat artikel yang cocok untuk mesin tetapi tidak menarik untuk manusia. Mereka hanya menuruti semua aturan SEO telah ada. Misalnya seperti:

  1. Panjang minimal 300 kata;
  2. Keyword berada di judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir;
  3. Keyword juga diletakkan di meta description;
  4. Dll

 

Mulai saat ini lupakan semua aturan tersebut. Mulailah dengan mindset yang baru. Karena Algoritma Google menggunakan prilaku manusia untuk menentukan peringkat.

 

Jadi intinya, meskipun Anda telah menggunakan teknik SEO, tetapi tidak akan dibaca oleh manusia karena gaya bahasanya yang tidak menarik, maka artikel Anda tidak akan mendapat peringkat dari google.

 

Maka dari itu, untuk mendapatkan peringkat tinggi dari google, Anda harus membuat artikel yang dapat menarik minat baca dari pengunjung blog atau website anda.

 

Berikut 7 Tahap Membuat Artikel yang Baik dari Segi SEO

 

  1. Sebelum Menulis Artikel, Pelajarilah Karakter pembaca

Sebelum memulai menulis artikel, sebaiknya Anda harus mempelajari karakter pembaca terlebih dahulu, karena tidak semua topik bacaan memiliki demografi peminat yang sama.

 

Misalnya artikel tentang budidaya lele dumbo mungkin yang akan menjadi pembacanya adalah orang dewasa diatas 25 tahun, sedangkan artikel dengan topik game peminatnya lebih muda atau usia remaja.

 

Jadi, ketika Anda memahami karakter pembaca, maka Anda bisa menyesuaikan isi artikel, khususnya dalam hal gaya penulisan artikel dengan karakter pembaca Anda.

 

Kalau pembaca Anda mayoritas usia remaja, maka gunakanlah bahasa yang lebih santai, tak perlu semua kata menggunakan bahasa baku sesuai EYD.

 

Kalau pembaca Anda orang dewasa, gunakanlah bahasa yang formal namun jangan membosankan. Dengan demikian artikel Anda akan menarik dan enak dibaca.

 

  1. Buat Judul Yang Menarik Untuk Memancing Banyak Pembaca

Sekarang, coba Anda ingat kembali ketika searching di google. Apa yang membuat Anda memilih salah satu website dari sekian ribu website dengan topik yang sama?

Baca Juga:  Optimisasi Website dengan Teknik SEO

Pasti karena “judulnya” kan?

 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa judul juga dapat mempengaruhi seseorang yang akan membaca artikel yang kita buat atau tidak. Karena judul yang menarik berbanding lurus dengan minat orang untuk membaca.

 

Misal Anda sedang mencari artikel di google dengan keyword “cara melangsingkan perut”, lalu di peringkat 1 sampai 3 ada artikel dengan judul seperti berikut:

  1. 6 Cara Melangsingkan Perut
  2. 6 Cara Melangsingkan Perut tanpa Diet Ketat dan Obat Pelangsing
  3. 6 Cara Melansingkan Perut Secara Alami Terbaru dan Terlengkap

 

Mari kita cermati bersama mengenai 3 judul artikel tersebut.

  1. Untuk judul yang nomor 1 terlalu standar, sudah banyak dipasaran, dan tidak menarik. Sebaiknya Anda menghindari pembuatan judul seperti ini.
  2. Untuk judul yang nomor 2 lebih menarik dari pada judul yang pertama, karena ada tambahasn kata “tanpa diet ketat” dan “obat pelangsing”. Nah, judul seperti inilah yang harus Anda buat, karena setiap orang yang melakukan searching di google menginginkan solusi terbaik dari permasalahan mereka.
  3. Untuk judul ketiga merupakan korban dari optimasi, berlebihan dalam memilih kata, padahal jadi aneh dibaca dan tidak menarik, artikel jadi terkesan murahan.

 

  1. Perhatikan Format Tulisan Anda

Perlu Anda ketahui bahwa format penulisan artikel juga harus diperhatikan. Setelah Anda menggunakan judul yang menarik, maka orang tersebut akan melanjutkan membaca artikel Anda hingga akhir.

 

Nah, dalam hal ini Anda harus memperhatikan format penulisannya. Orang lain menjadi tidak tertarik lagi dengan artikel Anda jika hurufnya terlalu kecil, spasi vertikalnya kecil, dan menggunakan jenis font yang sulit dibaca.

 

Apalagi jika target pembaca Anda adalah orang dewasa diatas usia 40 tahun, maka dengan format artikel seperti itu membuat minat membacanya menjadi hilang. Janganlah menyiksa mereka…

 

Artikel yang kita buat sewajarnya saja dalam memilih font, jangan karena ingin menarik maka Anda menggunakan jenis font yang tidak umum untuk digunakan di blog atau website, padahal font tersebut termasuk jenis font yang sulit untuk dibaca.

 

Kalau bingung, lebih baik tidak menggunkan font khusus. Gunakanlah font seperti Arial, Helvetica, atau Georgia yang umum dipakai di website.

 

Ikutilah format berikut ini untuk menulis artikel Anda:

  1. a) Gunakan font yang mudah dibaca
  2. b) Gunakan ukuran antara 14 sampa 22px
  3. c) Gunakan lebar horizontal antara 480 sampai 720px
  4. d) Gunakan line-heigt antara 1,5 sampai 2em
  5. e) Gunakan margin di bawah paragraf antara 1,5 sampa 2em
  6. f) Dalam satu paragraf isilah dengan 3 sampai 5 kalimat. Jangan sampai lebih karena terlihat monoton dan tidak menarik. Anda harus dapat membedakan sebuah website bukanlah buku tulis.

 

  1. Selalu Tingkatkan Kualitas Artikel Anda

Dengan semakin berkualitasnya artikel Anda, maka pembaca akan puas, dan tentu akan semakin banyak yang membagikan atau merekomendasikan artikel Anda kepada orang lain. Dan itu secara otomatis google akan memberi periggkat tinggi pada artikel yang Anda buat.

 

Seperti yang diketahui bahwa untuk membuat tulisan yang berkualitas, maka penulis harus menguasai bidang atau topik yang akan ditulisnya. Lalu bagaimana bagi Anda yang kurang ahli?

 

Cara cukup mudah! Kalau Anda kurang ahli dalam topik artikel yang sedang Anda tulis, maka Anda harus banyak meluangkan waktu untuk melakukan riset dan membaca artikel-artikel lain yang se-topik. Sehingga pengetahuan anda akan suatu topik bertambah dan ini tentunya bisa mempermudah anda dalam membuat artikel.

 

Jenis artikel yang umum terdapat diinternet ada 2 macam, yaitu berupa informasi dan panduan.

Baca Juga:  Fasilitas Koding.com dalam Web Development Cloud-based

 

Jika artikel yang berupa panduan, isinya harus benar-benar sebuah panduan yang seolah-olah dapat berbicara memandu manusia untuk melakukan sesuatu, bukan hanya sekedar bacaan.

 

Sedangkan jika artikel tersebut berupa informasi, isinya harus benar-benar bisa memberikan informasi mendalam yang sedang dibutuhkan oleh manusia. Misal informasi hasil penelitian, hasil wawancara dengan ahli/pakar, dll.

 

  1. Periksalah Tata Bahasa dan Ejaan pada Artikel Anda

Sepertinya terdengar sepele, namun jika diabaikan dapat menimbulkan kesalahan yang fatal.

 

Memang hingga saat ini masih belum ada software untuk memeriksa penggunaan grammar Indonesia, maka cobalah memeriksa bahasa dan ejaan pada artikel Anda dengan cara berikut ini:

  1. Tulislah artikel sampai selesai tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.
  2. Bacalah artikel Anda dengan suara, bukan dibaca dalam hati.
  3. Segera perbaiki setiap kata atau kalimat yang terdengar janggal saat diucapkan dan didengar.

 

  1. Optimasilah SEO On-Page lainnya

Dalam menulis memang anda harus melupakan SEO. Namun optimasi on-page SEO ini harus Anda lakukan setelah artikel selesai dibuat.

 

Proses SEO ini tidaklah lama, mungkin hanya menghabiskan waktu kurang lebih 1 menit. Tapi banyak orang terlalu pusing dengan SEO, sehingga mengabaikan hal-hal yang lebih penting seperti yang telah Saya bahas diatas. Maka dari itu, Saya membahas ini dibagian akhir.

 

Meta Description

Meta desciption ini terkadang dapat muncul pada hasil searching google sebagai ringkasan artikel yang Anda tulis. Ini tentu dapat meningkatkan orang untuk mengunjungi website anda jika teknik penulisannya tepat.

 

URL

Berikut beberapa tips dalam penulisan URL:

  1. a) Harus mengandung keyword utama
  2. b) Tidak telalu panjang
  3. c) Mengandung preposisi

 

Gambar

Adanya gambar dalam artikel Anda menyimpan beberapa manfaat antara lain:

  1. Sebuah gambar dalam artikel selain untuk menarik minat pembaca, juga untuk menjelaskan konsep yang susah dijelaskan hanya dengan tulisan.
  2. Tingkat bacaan lebih tinggi (artikel dibaca hingga habis oleh pembaca)
  3. Share ke media sosial menjadi lebih tinggi.

 

Link ke Page Lain & ke Website Lain

Jika memungkinkan, sertakanlah internal link ke artikel lain yang tentu saja harus berhubungan dengan topik artikel yang sedang Anda tulis.

 

Hal ini akan meningkatkan srtuktur website secara otomatis. Selain internal link, link ke website lain juga tidak kalah penting.

 

  1. Sekarang Waktunya Mencari Pembaca

Banyak blogger yang merasa tugasnya sudah selesai ketika telah memencet tombol “publish”. Ingat! Ini baru permulaan, tantangan yang nyata akan terjadi setelah ini, karena saat artikel Anda diterbitkan pada hari itu, ada ratusan artikel lain dengan topik sama yang juga diterbitkan. Jika tidak ada orang yang membaca, maka google tidak akan memberikan peringkat tinggi kepada Anda.

 

Tahukan Anda bahwa website yang sudah sukses secara konsisten masih mempromosikan kontennya? Maka dari itu, Anda juga harus melakukannya.

 

Tidak cukup hanya membuat konten berupa artikel yang bagus dan bermanfaat, tetapi Anda juga harus mencari pembaca dan mempromosikannya.

 

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan konten yang anda buat:

  1. Beritahukan kepada orang lain secara langsung melalui media sosial dan situs komunitas.
  2. Beri tombol “share/bagikan” disetiap artikel yang Anda buat untuk mempermudah pembaca melakukan sharing artikel.
  3. Beritahukan ke akun Twitter yang membahasa topik sama dengan artikel

 

Itulah 7 Tahap Membuat Artikel yang Baik dari Segi SEO. Semoga artikel bisa memberi manfaat terutama dalam penulisan artikel untuk website atau blog anda.

Tinggalkan Balasan